Nikmati promo akhir tahun dari PP-IPTEK, hanya di Bulan Desember 2014

Selasa, Agustus 14, 2012

MERIAHNYA STAND PP-IPTEK DI RITECH EXPO 2012

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 17 yang kali ini diselenggarakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha Bandung, PP-IPTEK kembali memberikan semangat kebangkitan dengan menggelar alat Peraga Iptek Interaktif di Beberapa titik antara lain 6 Alat Peraga Interaktif di Stand Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) seperti Bongosong, 1001 Bayangan, Tulisan Terbalik, Kaleidoskop, Cincin Bermusuhan dan Magnet Bermusuhan. Sedangkan di Stand Dharma Wanita Pusat Kementerian Ristek yang bersebelahan dengan stand PP-IPTEK, alat peraga Piano Angklung menjadi daya tarik luar biasa. Di Stand PP-IPTEK yang menempati area 36 m2 ini digelar 10 Alat Peraga Iptek Interaktif yakni Generator Van De Graaf, Harpa Tanpa Dawai, Tebak Tanggal Lahir, Uji Konsentrasi, Ilusi Mata, Pola Berubah, Giroskop, Konduktor dan Isolator, Generator Listrik dan Pendulum Choistic. 

Antusiasme para pengunjung telah tampak semenjak Prosesi Pembukaan Pameran yang dilaporkan oleh Deputi Pendayagunaan Iptek, Bapak DR. Idwan Suhardi dan disambut oleh Pembukaan Secara Resmi Oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Bapak Prof. DR. Gusti Muhammad Hata pada pukul 11.00 WIB. Ratusan pengunjung langsung memadati stand PP-IPTEK untuk mencoba peragaan interaktif yang disajikan. Tampak keceriaan dan ketakjuban para pengunjung saat mencoba alat peraga van de graaf tentang listrik statis yang membuat rambut mereka berdiri, atau saat tanggal dan bulan lahir mereka dapat ditebak dengan alat peraga Tebak Tanggal Lahir, juga terheran-heran mengapa Harpa yang tidak Memiliki Dawai dapat berbunyi ketika disentuh. Ada juga yang berlama-lama belajar berkonsentrasi untuk melewati tantangan di alat peraga uji konsentrasi.

Selain gelaran alat peraga iptek interaktif tersebut, acara Science  Show Spectacular juga di padati pengunjung yang berinteraksi mencoba eksperimen menjadi naga api Dragon Fire, atau atraksi membakar tangan tanpa terasa dalam Burning Hand, dan merasakan dinginnya Nitrogen Cair serta beberapa percobaan lainnya yang selalu ditampilkan 2 kali dalam 1 hari  selama 4 hari di panggung ritech expo. Selama 4 hari acara Ritech Expo, Stand PP-IPTEK telah dikunjungi oleh ribuan orang yang sebagian besar para pelajar mulai dari SD, SMP dan SMA di wilayah Bandung. Semoga ajang Ritech Expo senantiasa dapat menumbuhkembangkan budaya iptek sejak dini, sehingga akan banyak peneliti dan innovator muda Indonesia yang akan meneruskan kemauan dan kemandirian bangsa melalui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Salam Iptek; Cerdas, Ceria dan Inovatif

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar