Breaking News

SCIENCE FOR ALL DALAM GELAR IPTEK SUMATERA UTARA 2012

Suasana pagi yang cerah terpancar di Pendopo Universitas Negeri Sumatera Utara (USU) pada saat menjelang pembukaan kegiatan Science For All (SFA) di Kota Medan pada 16 Oktober 2012. Seluruh tim SFA dari PP-IPTEK sangat bersemangat menyambut kehadiran para pelajar di wilayah Medan dan sekitarnya untuk ramai-ramai melakukan rangkaian demi rangkaian kegiatan SFA.  Kegiatan Science For All kali ini diselenggarakan oleh PP-IPTEK , RISTEK bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. SUMUT dalam acara Gelar Iptek Sumatera Utara 2012 dalam rangka mensosialisasikan iptek dan membudayakan iptek di seluruh lini kehidupan bagi generasi muda Sumatera Utara agar mampu bersaing dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari sertamembangkitkan kemandirian generasi muda Sumatera Utara dalam meningkatkan perekonomian bangsa.

Kegiatan Gelar Iptek yang mengusung tema “Inovasi Untuk Kemandirian Bangsa”  dibuka pada tanggal 16 Oktober 2012 oleh Plt. Gubernur Prov. SUMUT, Bp. Gatot Pujo Nugroho dan akan berakhir pada 18 Oktober 2012. Dalam acara pembukaan ini Plt. Gubernur Prov SUMUT didampingi oleh Asisten Deputi Pengembangan Kelembagaan, Deputi Bidang Kelembagaan Iptek- Kementerian Riset dan Teknologi, Bp. Fajar Suprapto, Direktur PP-IPTEK, Bp. Sukro Muhab dan Ka.Balitbang Prov SUMUT, Bp. Alwy dengan ditandai dengan pemukulan Gong dan peluncuran 3 buah roket bedak.

Acara Science For All di Medan ini akan menggelar beberapa kegiatan menarik seperti Bincang-Bincang Teknologi oleh Pakar Sains, Pagelaran Alat Peraga Sains Interaktif dan Demo Sains. Satu lagi yang menarik dari  SFA ini adalah dengan adanya kegiatan khusus bagi pelajar Medan dan sekitarnya, yakni Workshop dan Kompetisi Roket Air Regional Sumatera Utara 2012, dimana pemenangnya akan dikirim pada Kompetisi Roket Air Nasional pada tahun 2013.

Pada acara Bincang Teknologi yang dibawakan oleh Direktur PP-IPTEK diikuti oleh 105 orang siswa SMP, SMA dan SMK dari wilayah Medan, Deli, Binjai dan Karo. Bincang Teknologi kali ini menceritakan perkembangan-perkembangan teknologi dari zaman dahulu hingga sekarang, bagaimana teknologi dapat membantu manusia dalam menyelesaikan kegiatan dan pekerjaan dengan cepat, serta bagaimana kita dapat melakukan inovasi-inovasi pada teknologi terdahulu menjadi teknologi yang lebih sempurna yang saat ini kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Acara Bincang Teknologi ini dibuka dan diselingi oleh demo percobaan-percobaan sains yang dibawakan secara menarik, menghibur  dan interaktif dengan melbatkan para peserta untuk melakukan percobaan, seperti Burning Hand, Menggelembung bukan ditiup, dan lain-lain. Selain itu, PP-IPTEK juga membawa 6 alat peraga interaktif sains, seperti Generator Listrik, Ilusi Mata, Kutub Magnet, Konduktor Isolator, Gyroskopa dan Pola Berubah.

Acara Science For All kemudian dilanjutkan  dengan acara Workshop dan Kompetisi Roket Air Regional Sumatera Utara pada tanggal 17-18 Oktober 2012, dimana ±240 siswa di wilayah Medan, Deli, Binjai dan Karo berkompetisi membuat dan meluncurkan roket air buatan mereka masing-masing.  Pembuatan roket air dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2012 yang berlokasi di Ruang Aula, Wisma USU, sedangkan kompetisi peluncuran dilanjutkan keesokan harinya dimana perserta yang roket airnya masuk kedalam target sasaran akan  dinobatkan sebagai Juara Kompetisi Roket Air Regional yang kemudian akan dikirim menjadi delegasi prov. Sumatera Utara dalam Kompetisi Roket Air Nasional 2013 di Jakarta.Dinobatkan sebagai Juara 1 hingga Juara Harapan 3, yakni dari SMK Pelayaran Samudra Indonesia sebagai juara pertama, SMK Raksana sebagai juara kedua, dan SMPN 1 Pantai Labu sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk juara harapan pertama diraih oleh SMK Swasta Dwi Tunggal, juara harapan kedua diraih oleh SMP Al Fityah, dan juara harapan 3 diraih oleh SMA Santo Thomas 1.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)