Breaking News

Indonesia Climate Change Education Forum and Expo 2013

Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) kembali selenggarakan kegiatan “Indonesia Climate Change Education Forum and Expo”. Kegiatan pameran dan forum yang berlangsung selama 4 hari sejak 18 – 21 April 2013 ini merupakan bagian dari Kampanye Nasional dalam mendukung peningkatan kesadaran para pemangku kepentingan untuk mengembangkan solusi dalam menangani dampak perubahan iklim di Indonesia.

Saat ini dampak perubahan iklim sudah dirasakan baik secara individu, kelompok maupun kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Dampak yang harus ditanggung akibat bencana tersebut sangat besar baik kerugian material maupun korban jiwa. Hal inilah yang ingin disampaikan panitia dalam kegiatan expo kali ini.

Dalam expo yang mengangkat tema “Working Together to Save Tomorrow Today” ini dipamerkan berbagai kegiatan terkait lingkungan serta upaya-upaya yang telah dilakukan untuk perubahan iklim. Mulai dari talkshow sampai dengan penyajian berbagai peralatan yang ramah lingkungan. Pameran sendiri dibuka secara resmi oleh Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya pada Kamis, 18 April 2013 lalu.

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) sebagai science center terbesar di Indonesia juga tidak mau ketinggalan dalam mensosialisasikan bahaya dari perubahan iklim yang terjadi. Dalam kegiatan ini PP-IPTEK menghadirkan 7 alat peraga terkait perubahan iklim yang memang sedang dikembangan. Alat peraga tersebut antara lain CO2 vs O2, Pergerakan Atmosfer, Efek Rumah Kaca, Pohon vs Kendaraan, Sel Surya, Sepeda Pengisi Daya dan Ikrar Untuk Bumi.

Berbagai alat peraga ini sengaja PP-IPTEK sajikan karena PP-IPTEK ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelangsungan hidup Bumi melalui alat peraga yang interaktif dan menyenangkan. Karena hal inilah PP-IPTEk mendapatkan penghargaan sebagai kategori stand paling interaktif. Selain itu, PP-IPTEK juga mengisi sebuah talkshow dengan judul “Climate Change Learning Through Interactivity Aproach”.

Selain Masyarakat umum, kegiatan pameran yang berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) ini juga banyak oleh pelajar sekolah.(ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels