Breaking News

PPIPTEK Resmikan Wahana Dinosaurus

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) resmikan satu wahana baru yang bernama Wahana Dinosaurus. Wahana baru yang diresmikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta pada Kamis (20/6/2013) ditandai dengan penekanan tombol oleh Menristek yang didampingi oleh Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto, Sekretaris Menristek, Hari Purwanto dan Asisten Deputi Iptek Masyarakat pada Kedeputian Pendayagunaan Iptek, Sadyatmo.

Pada peresmian Wahana Dinosaurus ini hadir pula para pejabat eselon I, II, dan III dilingkungan Ristek, Pimpinan LPNK di bawah koordinasi Ristek, dan para istri yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan Ristek dan LPNK serta para pejabat di lingkungan Taman Mini.

Sebagai Science Center pertama dan terbesar di Indonesia, PP-IPTEK terus berinovasi dalam pengembangan galeri peragaanya. Wahana Dinosaurus yang baru diresmikan ini merupakan wahana yang memadukan unsur peragaan dan dekorasi lingkungan hidupnya dan telah dikembangkan sejak tahun 2012 berupa model Dinosaurus tiga dimensi berjenis Tyranosaurus yang memiliki tinggi 3,5 meter dan panjang 7 meter.

Alat peraga ini berbasis mekatronik (mekanik-elektronik), yaitu sebuah system yang memadukan system mekanik, system elektronik dan perangkat lunak sehingga dapat bekerja secara otomatis. Keistimewaan Dinosaurus ini adalah dapat berinteraksi dengan manusia melalui sensor suara dan sensor keberadaan manusia juga memiliki system audio yang dapat bersuara jika mulut Dinosaurus ini terbuka.

Dinosaurus ini memiliki bagian-bagian yang dapat bergerak antara lain ekor yang bergerak ke kiri dan ke kanan secara random, tangan naik dan turun bergantian secara random, kepala dan leher bergerak naik turun dan menengok kanan kiri, mulut terbuka tertutup diiringi suara dan mata yang berkedip. Semua gerakan tampak alami sebagaimana layaknya hewan.

“PP-IPTEK merupakan tempat yang tepat untuk belajar bagi siswa karena memang menyajikan berbagai alat peraga interaktif yang menunjukan fenomena sains secara konkret kepada mereka, sehingga mereka akan lebih mudah untuk menangkap dan memahami ilmu pengetahuan secara tepat” demikian ucap Menristek dalam sambutannya.

Prasejarah Dinosaurus memberikan banyak sumbangsih ilmu pengetahuan terutama kaitannya dalam ilmu biologi juga paleontology. Kata Dinosaurus sendiri berasal dari bahasa Yunani δεινός (deinos yang berarti "mengerikan”, “kuat”) dan σαῦρος (sauros yang berarti "kadal"). Setiap orang baik tua ataupun muda, anak-anak ataupun dewasa pasti akan bertanya bagaimana jadinya jika reptile raksasa yang hidup di zaman purba masih ada sampai saat ini. Tentu akan sangat menyeramkan mengingat ukurannya yang sangat besar. Kita juga pasti bertanya, benarkan ukuran Dinosaurus memang sebesar itu.

“Wahana ini muncul berawal dari pemikiran PP-IPTEk untuk menyajikan evolusi ilmu pengetahuan (sains) mulai dari prasejarah dampai modern dengan menyajikan ikon-ikon dari setiap era tersebut” demikian ucap Hari Hendrarto dalam laporannya.

Selain model Tyranosaurus raksasa, wahana ini juga dilengkapi dengan Taman Jurrasic yang merupakan fasilitas pendukung alat peraga yang akan dapat memberikan nuansa jaman Jurrasic. Beberapa jenis tanaman prasejarah antara lain jenis pohon besar Bjuvia Simplex dan Temskya sp, jenis pohon kecil seperti Asteroxylon Mackei dan lain sebagainya sehingga dapat memberikan suasana lingkungan yang lebih hidup di dalam galeri.

Wahana ini rencananya akan terus dikembangkan dengan menambahkan 2 alat peraga dino lainnya Triceratops yang merupakan dinosaurus bertanduk tiga yang berbadan besar dan merupakan pemakan tumbuhan (herbivora) dan Megalania sejenis kadal raksasa pemakan daging (karnivora) dan merupakan nenek moyang Komodo serta berbagai alat peraga hands-on, minds-on dan juga hearts-on yang terbagi dalam beberapa tema terkait kehidupan dinosaurus antara lain: Spesies, Sejarah waktu (timeline), Habitat, Jenis makanan, Arkeologi serta konten Kearifan lokal serta akan dilengkapi juga dengan berbagai program kegiatan yang berhubungan dengan dunia fosil.

Dengan hadirnya Wahana Dinosaurus di PP-IPTEK, diharapkan para pengunjung dapat semakin mengenal sejarah Dinosaurus juga memahami sains di balik sejarah Dino tersebut hingga dapat mengisnpirasi cara berfikir yang sistematis dalam suatu pemecahan masalah. (ppiptek)

Tidak ada komentar