Breaking News

Alat Peraga Berbasis Kebencanaan untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Bencana






Indonesia merupakan negara dengan intensitas bencana yang cukup tinggi. Letak geografis Indonesia pada posisi pertemuan 4 lempeng tektonik, merupakan wilayah yang rawan bencana. Bencana alam yang sering terjadi di Indonesia di antaranya seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor, banjir, angin puting beliung, dll. Sekitar 13 % gunung berapi dunia yang berada di kepulauan Indonesia berpotensi menimbulkan bencana alam dengan intensitas dan kekuatan yang berbeda-beda
Berbagai bencana yang terjadi di Indonesia telah menelan banyak korban jiwa. Tingkat pengetahuan masyarakat yang relatif rendah mengenai penanggulangan bencana mengakibatkan masyarakat rentan menjadi korban. Oleh sebab itu, PP-IPTEK RISTEK sebagai unit yang memiliki tugas untuk memasyaratkan iptek melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menyajikan alat peraga tentang kebencanaan.
Untuk itulah maka pada tanggal 3 Desember 2013 diadakan kegiatan Focus Group Discussion yang membahas mengenai Pengembangan alat peraga berbasis kebencanaan.
Kegiatan yang dibuka oleh Staf Khusus Menristek, Gusti Nurpansyah;  Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek/Sesmenristek, Hari Purwanto; Tenaga Ahli Menristek, Shidqi Wahab; Asdep Iptek Masyarakat, Sadiyatmo; dan dihadiri oleh perwakilan Universitas, Science Center Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Perwakilan Museum, TDMRC (Tsunami Disaster Mitigation Research Center) dan para stakeholder terkait.
Dalam sambutannya pembukaannya, Staf Khusus Menristek memberikan arahan tentang fungsi iptek guna meningkatkan produktivitas, pelayanan dan perlindungan keselamatan di wilayah rawan bencana.  Selain itu juga ditekannkan tentang kesiapan daerah membuat dan mengembangkan alat peraga kebencanaan dengan memberdayakan potensi sumber daya alam yang ada.
Peserta Focus Group Discussion yang berasal dari TDMRC, Aceh, menyampaikan pengalaman  yang terjadi ketika bencana tsunami datang serta apa yang telah dilakukan oleh TDMRC setelah bencana terjadi. TDMRC juga menyampaikan kriteria-kriteria alat peraga yang mungkin dapat dikembangkan dan menyampaikan keinginan mereka bahwa alat peraga yang dikembangkan diharapkan tidak hanya mengenai tsunami tetapi juga mengenai bencana lainnya.
Peserta dari Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, menyampaikan materi tentang apa yang terjadi ketika Merapi Meletus serta tindakan yang telah dilakukan. Selain itu juga sharing tentang kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh UGM.
Sementara peserta dari Universitas Cendana (Undana) menyampaikan berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan terkait dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah NTT.
Diskusi ini menghasilkan banyak Ide untuk mengembangkan alat peraga kebencanaan dengan kriteria antara lain dalam bentuk alat peraga interaktif, games dan program lain-lain. Khususnya alat peraga yang aplikatif sehingga dapat dinikmati dan dimengerti dengan mudah oleh masyarakat.
Sesmenristek, Hari Purwanto dalam penutupannya menekankan bahwa untuk mendapat hasil yang maksimal alat peraga kebencanaan harus dibuat jelas, ada filosofi yang mengarahkan sehingga tepat sasaran, contohnya alat peraga dapat digerakkan, ada suara musik, atau mungkin bisa mengeluarkan suara. Beberapa alat peraga yang dapat dibuat seperti: 3D Gunung berapi, simulasi awan, maket gunung berapi, modelling rumah tahan gempa, model tsunami, pengetahuan mengenai jalur yang dilalui oleh erupsi gunung merapi dan lain sebagainya.
Satu pernyataan dari Sesmenristek yang dapat dikutip adalah : “Suksesnya suatu alat peraga adalah bila orang dewasapun dapat menikmati dan mendapat ilmu dari alat peraga tersebut”.





1 komentar:

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)