Breaking News

PP-IPTEK Menghadirkan Alat Peraga Bertema Sustainable Energy dalam Ritech Expo 2014




Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) diawali oleh pesawat N-250 Gatotkaca yang berhasil terbang pada tanggal 10 Agustus 1995. Pesawat ini dibuat oleh anak bangsa dan dirintis oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi pada saat itu, Prof. DR. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie. Momentum ini pun kemudian menjadi tonggak sejarah peringatan Harteknas untuk tahun-tahun berikutnya, dimana karya-karya teknologi buatan bangsa Indonesia terus bermunculan hingga saat ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) diundang untuk memeriahkan Ritech Expo yang setiap tahun diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dalam rangka memeringati Harteknas ini. Ritech Expo 2014 diselenggarakan di Gedung II BPPT, Jalan MH Thamrin Jakarta, mulai tanggal 9 - 12 Agustus 2014, dan secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, pada tanggal 11 Agustus 2014.

Ritech Expo kali ini, yang saat pembukaannya dihadiri juga oleh Presiden Ketiga RI BJ Habibie, Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Anggota Dewan, Kepala Daerah serta Tokoh IPTEK lainnya, mengangkat tema “Inovasi Pangan, Energi dan Air untuk Daya Saing Bangsa.” Tema ini dipilih untuk menyadari bahwa penelitian dan pengembangan iptek harus bertumpu pada kebutuhan nyata masyarakat. Kemajuan suatu bangsa tidak hanya ditentukan oleh potensi dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki tetapi juga dipengaruhi oleh inovasi serta kreativitas masyarakat yang kemudian dapat meningkatkan daya saing bangsa secara berkelanjutan.

Dalam rangka memenuhi tema tersebut di atas, PP-IPTEK membawa beberapa alat peraga seperti Energi vs Daya, Solar Sel, Baterai Tangan, Generator Listrik, Pompa Air Archimedes, Penyelam Kartesian, dan Listrik Turbin Angin. Selain itu, PP-IPTEK juga membawa alat peraga Cermin Sekongkol untuk meramaikan booth SIKIB yang terletak di area pameran yang berbeda, serta sebuah Dino 3D Photobooth yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengabadikan momen kunjungan mereka.

Pada hari pertama pameran, terdapat sekolah-sekolah yang sengaja diundang oleh panitia dan hadir untuk mengunjungi booth PP-IPTEK. Mereka sangat antusias dan merespon dengan positif alat-alat peraga yang dipamerkan. Hal ini karena siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan alat peraga yang ditampilkan, kemudian mengamati fenomena yang muncul sehingga mereka dapat menghubungkannya dengan konsep-konsep sains yang telah dipelajari di sekolah. Selain kunjungan dari sekolah, banyak pula keluarga dan pengunjung umum yang meluangkan waktu mereka untuk berkunjung ke pameran ini, khususnya booth PP-IPTEK, hingga mencapai total kunjungan lebih dari 750 pengunjung.


Tidak hanya alat peraga saja yang disajikan untuk pengunjung dalam pameran ini. Masih ada dua program kegiatan lain dari PP-IPTEK yang dapat dinikmati setiap hari. Program-program tersebut antara lain adalah demo sains, sebuah pertunjukan yang menampilkan percobaan-percobaan atau permainan-permainan yang berkaitan dengan sains, dimana pengunjung yang hadir dapat berpartisipasi secara langsung di dalamnya. Tema-tema yang diangkat dalam demo sains ini adalah yang berkaitan dengan kehidupan atau sesuatu yang biasa ditemui sehari-hari sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami konsep sains yang disampaikan.

Program kegiatan lainnya adalah Binokuler, yaitu program kegiatan yang dikemas dalam bentuk talk show santai untuk membahas isu-isu sains populer yang sedang beredar di masyarakat. Binokuler yang dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 10 Agustus 2014 ini membahas tentang "Nuklir untuk Kesejahteraan Masyarakat" dengan narasumber Kepala Bidang Penguasaan dan Perkembangan Iptek, Deputi Pendayagunaan Iptek - Kemenristek, Wisono Pamulang, dan dimoderatori oleh Staf Promosi dan Kerjasama PP-IPTEK, Sri Wahyu Cahya Ningsih.


Binokuler ini juga mendapatkan respon positif dari peserta yang hadir, karena ternyata nuklir tidak semenakutkan apa yang sebelumnya mereka kira. Di pihak lain, nuklir bahkan memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat seperti dalam bidang pertanian, kesehatan, sampai dengan sumber energi.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)