Breaking News

Cerdas Cermat SMA di PP-IPTEK dalam Rangka Memperingati Hari Ozon Internasional 2014

Dari sejak pertama kali diciptakan Bumi telah mengalami banyak perubahan. Isu mengenai lingkungan semakin banyak beredar seiring dengan semakin banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Termasuk isu mengenai penipisan lapisan ozon yang semakin sering terdengar semenjak akhir abad ke-20. Sampai saat ini banyak sekali solusi-solusi yang sudah dikampanye-kan untuk menanggulangi hal tersebut, mulai dari yang bersifat lokal hingga internasional. 

Dalam rangka memperingati Hari Ozon Internasional yang jatuh pada tanggal 16 September 2014, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), bekerja sama dengan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), menyelenggarakan Cerdas Cermat bertemakan ‘Ozon’ pada tanggal 10 September 2014, yang diikuti oleh 27 tim yang berasal dari 27 SMA se-DKI Jakarta. Materi yang dilombakan selain terkait dengan isu perlindungan lapisan ozon, juga mengenai ilmu pengetahuan umum, tujuh bidang fokus Kemenristek, serta kemampuan untuk mengamati alat peraga yang terdapat di galeri PP-IPTEK sendiri.

Selain Cerdas Cermat, peserta yang tidak lolos dalam babak penyisihan berkesempatan mengikuti Science Show Contest, di mana peserta membuat sebuah pertunjukan sains yang disesuaikan dengan kreatifitasan mereka masing-masing. Sebelum melakukan pertunjukan setiap tim diberikan bekal terlebih dahulu mengenai science show itu sendiri dan pada kompetisi ini setiap guru pendamping dilibatkan dalam penilaian masing-masing tim.

Cerdas Cermat Ozon ini dimenangkan oleh SMAN 4 Jakarta dan disusul oleh SMAN 90 Jakarta serta SMAN 58 Jakarta sebagai juara kedua dan ketiga. Selain itu terdapat SMAN 48 Jakarta, SMAN 16 Jakarta, dan SMAN 58 Jakarta yang secara berturut-turut menduduki juara harapan 1, 2, dan 3. Science show contest sendiri dimenangkan oleh MAN 18 Jakarta, SMAN 26 Jakarta, serta MAN 7 Jakarta.

Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH, Arief Yuwono, dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya memanfaatkan institusi science center, dalam hal ini PP-IPTEK, sebagai wahana pembelajaran sejak dini, dan dengan adanya Wahana Ozon dari KLH di galeri PPIPTEK, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami pentingnya lingkungan terutama ozon ini. Selanjutnya, Deputi Pendayagunaan Iptek Kemenristek, Pariatmono, menekankan tentang kerjasama yang dapat terus dijalin di kemudian hari oleh kedua lembaga ini. Hal ini terkait dengan banyaknya pengunjung PP-IPTEK per tahun, di mana 80% diantaranya adalah generasi muda.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para generasi muda, khususnya pelajar, menjadi lebih paham mengenai kondisi lingkungan di sekitar kita dan termotivasi untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk menjaganya agar tetap asri.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (1) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)