Breaking News

Soft Launching Belitung Timur Taman Pintar




Salah satu tugas pokok Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) sebagai salah satu satker di Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) adalah pendirian Pusat Peragaan Iptek di daerah. Dengan bertambahnya jumlah Pusat Peragaan Iptek Daerah ini, diharapkan dapat terbangun kesadaran masyarakat di daerah, khususnya generasi muda dan komunitas pemerhati iptek, untuk terus membudayakan iptek secara berkesinambungan sehingga tercipta generasi muda yang kreatif dan inovatif yang ditandai dengan meningkatnya inovasi di kalangan masyarakat.

Pusat Peragaan Iptek Daerah atau Pusat Sains Daerah, merupakan sarana membangun budaya iptek yang peranannya makin meningkat dari hari ke hari dan tidak terbatas kepada khalayak tertentu, karena pembelajaran tidak hanya oleh pengunjung tetapi juga pemandu dan komponen pendukung lainnya. Membangun sebuah Pusat Sains Daerah diperlukan sinergitas dan komitmen berbagai pihak terutama komitmen pimpinan tertinggi di daerah tersebut. Kedepannya diharapkan keterlibatan Perguruan Tinggi, Akademi Pendidikan, Sekolah Kejuruan (SMK) turut berkontribusi dalam membuat alat peraga melalui pemberdayaan generasi muda dengan inovasi dan kreatifitas mereka. Hal ini sangat membutuhkan peran aktif dari Dinas Pendidikan suatu Daerah.

Sebelum sampai kepada kegiatan soft launching ini, PP-IPTEK dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, dalam hal ini di bawah komando Bappeda Kab. Belitung Timur serta Bagian Umum Setda Belitung Timur, telah melakukan berbagai kegiatan seperti pelaksanaan diskusi informal (kunjungan Bupati Belitung Timur ke Deputi Pendayagunaan Ristek), dilanjutkan dengan kunjungan pihak Belitung Timur ke PP-IPTEK dan Taman Pintar Jogja, pelaksanaan FGD yang mengupas perlukah Pusat Sains di Belitung Timur dengan para stakeholder di Belitung Timur sehingga lahirnya surat keputusan Bupati Belitung Timur berupa SK Pengelola BTP, sampai pada keikutsertaan pihak Belitung Timur dalam Kongres I Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) di Sundial Padalarang Jawa Barat. Akhirnya diputuskan ke depannya bahwa pengelolaan BTP akan langsung di bawah Dinas Perpustakaan. BTP nantinya akan menjadi satu dengan Perpustakaan, di mana hal ini sangatlah relevan khususnya dalam lebih banyak menarik minat baca kepada generasi muda Belitung Timur, khususnya minat membaca hal-hal yang berkaitan dengan sains.


Soft launching Pusat Sains Daerah Belitung Timur Taman Pintar (BTP) di Manggar Belitung Timur dilaksanakan pada tanggal 3 September 2014, dan bertempat di Auditorium Zahari MZ sebagai tempat sementara, menunggu selesainya pembangunan gedung baru di awal November 2014. Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama secara langsung membuka acara ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kemenristek yang telah mengalokasikan anggarannya melalui Pusat Peragaan Iptek dalam memberikan sejumlah alat peraga sebagai koleksi awal dari BTP. Basuri juga menyampaikan bahwa masyarakat Belitung Timur akan dapat bersaing dengan masyarakat di seluruh pelosok di Indonesia melalui kecintaan terhadap iptek dan dapat mengaplikasikan iptek dalam kehidupan sehari. Jangan sampai SDM Indonesia hanya yang berkualitas keterampilan rendah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh negara lain, dan bahkan bisa merendahkan citra Indonesia.

Sementara itu, Asisten Deputi Iptek Masyarakat, Momon Sadiyatmo, dalam sambutannya menjelaskan kesiapan Kemenristek untuk mendukung program-program Bupati Belitung Timur yang terkait dengan penerapan dan pemanfaatan teknologi bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat Belitung Timur seperti program yang mendukung swasembada pangan (padi) dan program energi bayu (angin) untuk listrik. Lebih lanjut, Momon Sadiyatmo menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung Timur diharapkan mempunyai program untuk menambah koleksi alat-alat peraga iptek, karena PP-IPTEK tidak mungkin secara terus menerus membantu Belitung Timur dengan alat peraganya, mengingat masih ada 400 kabupaten lainnya di Indonesia yang menunggu kerjasama dengan PP-IPTEK.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai simbol dibukanya BTP dan dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah Kab. Belitung Timur dan PP-IPTEK, Kemenristek, serta Berita Acara Serah Terima Barang antara Bupati Belitung Timur, Basuri Tjahaja Purnama, dengan Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh, disaksikan oleh Sekda Belitung Timur, Kepala Dinas Perpustakaan serta pimpinan SKPD Kab. Belitung Timur dan para pimpinan TNI-Polri Belitung Timur. Selesai acara penandatanganan, acara dilanjutkan dengan melihat dari dekat alat-alat peraga bantuan Kemenristek yaitu 1 cluster Alat Peraga Energi terdiri dari 6 alat peraga : Energi Tenaga Surya, Baterai Tangan, Energi Tenaga Angin, Energi Tenaga Ombak, Pedal Generator, dan Daya vs Energi, dan 10 unit alat peraga iptek portable : Halilintar, Van de Graff, Bola Listrik, Menurun ke Atas, Ring loncat, Baterai Tangan, Uji konsentrasi, Katrol, Penyelam Cartesian, dan Piano Angklung. (ahs/ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) JSO (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (4) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)