Breaking News

Menonton Film Sains Gratis di PP-IPTEK



Science Film Festival (SFF) 2014 akan diselenggarakan di berbagai negara di antaranya Indonesia, Malaysia, Kamboja, Mesir, Yordania, Republik Demokratik Rakyat Laos, Myanmar, kawasan Palestina, Filipina, Sudan, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Acara ini diselenggarakan secara internasional dari tanggal 13 Oktober sampai 14 Desember 2014. SFF di Indonesia sendiri berlangsung tanggal 13-28 November 2014. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang kelima di Indonesia. Untuk acara pembukaannya akan diadakan di Blitzmegaplex Grand Indonesia, Jakarta.

SFF merupakan festival film dengan tema-tema sains yang mendidik, menyenangkan, dan menarik perhatian penonton. Acara ini tidak dipungut biaya (free) dan terbuka untuk siapa saja, khususnya anak-anak usia 9-14 tahun. Dari film sains ini anak-anak lebih mudah memahami dan mengerti sains sehingga membuat mereka ingin tahu lebih banyak tentang sains. Pemutaran film akan diselenggarakan di 38 kota seluruh Indonesia. Film pilihan untuk Indonesia terdiri dari 15 film dari 2 negara Asia, 10 negara Eropa, 1 negara Amerika Utara, dan 2 negara Amerika Selatan.

SFF diprakarsai oleh Goethe-Institut Thailand pada tahun 2005. Indonesia ikut serta menyelenggarakan SFF sejak tahun 2010. SFF menjadi perhelatan sains yang menduduki posisi unik di Asia Tenggara, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Film-film pilihan di festival ini menunjukkan bahwa sains dapat dikomunikasikan dengan cara mendidik sekaligus menghibur melalui media audio-visual.

SFF tahun ini bertema “Teknologi Masa Depan”, termasuk beragam sains kontemporer lainnya. Dengan tema ini SFF dapat mengeksplorasi sains yang luas dari teknologi inovatif melalui film sampai kegiatan diajang internasional. Pada tahun ini SFF menerima 277 film dari 50 negara, kemudian terpilih 78 film dari 27 negara yang menjadi program resmi internasional. SFF menayangkan film dalam 3 kategori, yaitu Family Edutainment, Ecology and Environment, serta Natural Science, Life Science & Technology, yang membawa pesan penting bahwa sains itu menyenangkan. Selain itu, film-filmnya diatur berdasarkan kelompok usia, yaitu early learnes (6-10 tahun), primary school (9-11 tahun), secondary school (12-16 tahun), dan young adults (17 tahun ke atas).

Dengan kerjasama antara badan-badan lokal dan internasional dari segi ilmiah, budaya, pendidikan, dan lingkungan, serta dukungan dari komunitas film dan televisi memungkinkan tercipta sarana dan prasarana yang efektif untuk mensosialisasikan ilmiah. Film akan ditayangkan secara non-komersial di berbagai museum, sekolah-sekolah, perguruan tinggi, serta tempat-tempat pendidikan lainnya dengan bantuan kerjasama yang tersedia untuk melaksanakan penayangan film-film tersebut.

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) ikut serta dalam menyelenggarakan SFF 2014 ini. Pemutaran film akan ditayangkan di ruang Auditorium PP-IPTEK mulai dari 14 sampai 28 November 2014. Pemutaran film ini dibagi dua sesi setiap harinya, yaitu sesi satu pukul 09.00-12.00 dan sesi dua pukul 13.30-15.00 WIB. Dalam satu sesi ditayangkan 3-4 film tergantung panjang durasinya. Ada film yang durasinya 2 menit, ada pula yang durasinya sampai 25 menit.

PP-IPTEK telah menyelenggarakan SFF dari tahun pertama sampai sekarang. Hal ini karena SFF memiliki pandangan yang sama dengan PP-IPTEK. Dalam program sains regular PP-IPTEK pun terdapat program Film Ilmiah yang memutarkan film-film tentang sains, baik alam, teknologi, lingkungan, dan manusia. Oleh karena itu, PP-IPTEK juga ingin terus ikut serta dalam SFF yang dapat menumbuhkan keingintahuan dan memudahkan anak memahami sains melalui tayangan film.

Pengunjung dapat menyaksikan SFF di PP-IPTEK ini dengan GRATIS, namun diharuskan untuk melakukan pemesanan seat terlebih dahulu pemutaran film berlangsung. Pemesanan dilakukan di PP-IPTEK sendiri ataupun di tempat-tempat lain yang telah ditentukan. Setiap pemutaran film diikuti berbagai aktivitas, kuis, dan percobaan. Sebelum atau sesudah menonton film, guru dan orang tua yang mendampingi anak dapat memberikan permainan dan eksperimen-eksperimen untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan. Dengan begitu, anak dapat berinteraksi langsung melalui film sains tersebut.

Informasi lebih lanjut silakan buka: Science Film Festival 2014
Pemesanan tiket di PP-IPTEK dapat menghubungi:
E-mail: humasppiptek@gmail.com
Telpon (021) 8401488
Fax (021) 8401487

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) JSO (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (4) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)