Breaking News

Science for All dan Hibah Alat Peraga Interaktif bagi Iptek Center Sawahlunto

Demo sains dari PP-IPTEK
 
Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) melalui Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) menggelar kegiatan Science for All di Iptek Center Sawahlunto sekaligus penyerahan hibah 1 (satu) klaster peraga Optik sebagai bentuk pendampingan bagi sebuah science center baru di daerah, dalam hal ini di Iptek Center Sawahlunto. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Oktober 2014. Disamping memberikan hibah alat peraga kepada Iptek Center Sawahlunto, Museum Goedang Ransoem, kali ini PP-IPTEK juga menampilkan program interaktif khas science center yaitu bincang sains teknologi populer (Binokuler) yang melibatkan pelajar-pelajar sekolah Kota Sawahlunto, serta kegiatan pengkayaan pemahaman sebuah fenomena dalam alat peraga bagi para pemandu dan teknisi/pengelola Iptek Center Sawahlunto. Keseluruhan kegiatan tersebut dikemas dalam sebuah event bernama Science for All.

Alat peraga yang diberikan kepada Iptek Center Sawahlunto berupa klaster Optik yang terdiri dari 6 unit alat peraga, yaitu Cermin Variasi, Kaleidoskop, Pelangi, Film Kartun, Sifat Lensa, dan Ilusi (2 panel, 4 gambar). Untuk mengintegrasikan alat-alat peraga tersebut, alat peraga didukung dengan Lingkungan Alat Peraga.

Serah terima alat peraga
Science for All merupakan kegiatan yang mensosialisasikan iptek kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda dan pelajar dalam memahami pentingnya iptek untuk kemajuan bangsa. Kegiatan sains interaktif diterapkan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Kegiatan Science for All menyajikan Binokuler, Demonstrasi sains, Sosialisasi sains dan teknologi terkait dengan optik, serta pengkayaan materi dan teknis peraga bagi pemandu dan teknisi. Semua ini diambil terkait dengan hibah alat peraga klaster optik dari PP-IPTEK kepada Iptek Center Sawahlunto.

Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto Saleh, menyampaikan peran sebuah Pusat Sains Daerah seperti Museum Goedang Ransoem dengan Iptek Center-nya dalam rangka pembudayaan dan pemasyarakatan iptek. Kemenristek mendorong daerah untuk mendirikan dan mengembangkan Pusat Sains Daerah. Upaya ini dilakukan melalui berbagai hal, antara lain insentif alat peraga, pengembangan SDM dan kegiatan yang menarik keingintahuan pelajar terhadap perkembangan dunia iptek. Bagi Pusat Sains Daerah yang telah ada, pengembangan alat peraga dan SDM perlu dilakukan secara terus-menerus untuk keberlangsungan keberadaannya dalam melayani masyarakat. Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto, Ismed, menyambut baik kerjasama kegiatan Science for All dan hibah alat peraga dari Kemenristek. Hal ini penting untuk mendorong dan membangun masyarakat yang melek iptek. Diharapkan ke depannya akan berlanjut kegiatan yang melibatkan pelajar di Sawahlunto, dan Pemerintah Kota Sawahlunto siap untuk bekerjasama dengan PP-IPTEK dalam mewujudkan terbentuknya SDM Sawahlunto yang berdaya saing di bidang Iptek.

Pelajar Kota Sawahlunto mengikuti kegiatan Science for All
Acara serah terima alat peraga berlangsung dengan baik dan lancar. Serah terima dilakukan oleh Direktur PP-IPTEK kepada Wakil Walikota Sawahlunto. Kegiatan ini pun dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Sawahlunto. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPRD Kota Sawahlunto, para pimpinan SKPD Kota Sawahlunto, para kepala sekolah di kota Sawahlunto serta guru-guru dan siswa-siswa sekolah tingkat SMP dan MTs Negeri di Sawahlunto, yang berjumlah 100 orang.
Pada kesempatan diskusi dengan Wakil Walikota Sawahlunto dan Kepala Dinas Pendidikan kota Sawahlunto, PP-IPTEK menjelaskan pula tentang perlunya dikembangkan SDM yang akan menekuni kegiatan inti di Iptek Center Sawahlunto atau secara berkelanjutan mengelola inti kegiatan (peragaan dan program sains). SDM Iptek Center Sawahlunto yang memiliki kualifikasi atau kompetensi baik sangat dibutuhkan untuk menyajikan layanan alat peraga, serta program secara profesional dan berkelanjutan.




Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)