Breaking News

Menristek Dikti Meresmikan Alat Peraga Spektakuler "Tesla Coil" di PP-IPTEK

Kemenristek Dikti meresmikan alat peraga Tesla Coil, ditandai dengan pengguntingan pita

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) meresmikan wahana baru yang dinamakan Tesla Coil. Wahana baru ini diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Mohamad Nasir pada Selasa (30/12/2014). Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Menristek Dikti dan didampingi oleh Deputi Pendayagunaan Iptek, Pariatmono dan Direktur PP-IPTEK, Ari Hendrarto.

Peresmian Tesla Coil ini dihadiri pula oleh beberapa pejabat instansi pemerintah ataupun swasta, yaitu pejabat eselon 1 (satu), 2 (dua) dan 3 (tiga) Kemenristek Dikti, Badan Penelitian dan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, Rektor Universitas Indonesia, PT. Kalbe Farma, PT. IBM Indonesia, Direktur Operasional Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Forum Komunikasi Museum TMII dan perwakilan museum. 
 
Pengunjung mencoba alat peraga Tesla Coil yang baru diresmikan

PP-IPTEK, sebagai science center pertama dan terbesar di Indonesia, terus berinovasi dalam mengembangkan galeri peragaannya. Wahana Tesla Coil ini merupakan alat yang dapat menghasilkan tegangan tinggi, arus pendek, dan frekuensi tinggi dari arus listrik bolak-balik. Tesla Coil menghasilkan loncatan listrik sepanjang kurang lebih 2,5 meter. Selain itu, Tesla Coil dilengkapi dengan sebuah sangkar yang disebut Sangkar Faraday. Pengunjung dapat masuk ke dalam sangkar tersebut untuk bereksperimen dengan medan listrik di sekitarnya. Pengunjung yang dapat masuk ke sangkar ini bisa satu atau maksimal dua orang. Ini akan membuat pengalaman yang menantang bagi pengunjung untuk mencobanya.

Aliran listrik Tesla Coil ini tidak berbahaya karena dibumikan atau lebih dikenal grounding sehingga listrik tidak merambat ke lingkungan selain wilayah Tesla Coil. Selain itu, di sekitar wahana juga dipasang tiga pengaman, yaitu pengaman 1 berupa stainless yang berada di lantai, pengaman 2 adalah pagar bagian dalam, dan pengaman 3 merupakan pagar pengaman luar sebagai batas pengunjung yang menonton.
 
Kemenristek Dikti dan tamu undangan melihat alat peraga Tesla Coil

Dalam peresmian wahana baru PP-IPTEK ini, Menristek Dikti juga melakukan penyerahan Bis Listrik Kemenristek Dikti secara simbolis untuk dipinjamkan kepada Universitas Indonesia (UI) dalam mendukung pengembangan program green technology yang dilakukan UI dengan harapan bis listrik ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademia UI.

Selain itu, Menristek Dikti memberikan penghargaan kepada PT. IBM Indonesia dan PT. Kalbe Farma yang telah berkontribusi dalam mendukung program Kemenristek Dikti. PT. IBM dan PT. Kalbe Farma telah menunjukan dedikasinya dalam meningkatkan kemampuan iptek generasi muda melalui bantuan alat peraga pembelajaran sains interaktif bagi PP-IPTEK dan beberapa science center lain di Indonesia. Peran perusahaan dalam mendukung program pemerintah dan sinergitas antara keduanya sangat diperlukan dalam membangun negara yang lebih baik. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenristek Dikti kepada perusahaan yang berdedikasi tinggi untuk kemajuan iptek.
 
Menristek Dikti menyerahan penghargaan kepada PT Kalbe Farma dan PT IBM Indonesia, dan secara simbolis meminjamkan bis listrik kepada UI

“PP-IPTEK akan sangat membantu masyarakat karena tempat ini sebagai bentuk edukasi dalam perkembangan dunia teknologi,” ucap Mohamad Nasir, Menristek Dikti dalam sambutannya, “sekaligus sebagai wadah informasi Iptek bagi anak-anak muda Indonesia.”

Menristek Dikti juga menyampaikan harapannya agar di masa depan, penelitian di Indonesia bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ia menambahkan, ke depan perkembangan dunia Iptek, harus bisa dilakukan secara hilirisasi dan komersialisasi antara peneliti dengan dunia pengembang usaha. Hal itu akan bertujuan baik khususnya bagi si peneliti itu sendiri, agar hasil penelitian tidak hanya jadi pajangan di laboratorium. Oleh karena itu, ia berharap dukungan dari berbagai pihak khususnya instansi swasta yang memberikan dukungan terhadap kemajuan hasil iptek seperti PT IBM Indonesia dan PT Kalbe Farma.

Dengan hadirnya Wahana Tesla Coil di PP-IPTEK, diharapkan para pengunjung dapat mempelajari listrik tegangan tinggi yang aman ini dengan mudah dan menyenangkan. Sampai saat ini, fungsi utama dari Tesla Coil, yaitu untuk menghibur sekaligus juga mendidik. Melalui wahana Tesla Coil, pengunjung memperoleh keseruan sebuah wahana fenomena dan pembelajaran baru. Pengunjung akan terpukau, tidak merasa kecewa dengan adanya wahana Tesla Coil. Wahana ini menjadi inovasi baru bagi PP-IPTEK di penghujung tahun 2014.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)