Breaking News

Press Release: Tesla Coil

PRESS RELEASE


MENRISTEK DIKTI MERESMIKAN ALAT PERAGA SPEKTAKULER "TESLA COIL" DI PP-IPTEK


Di penghujung tahun ini, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) akan meluncurkan alat peraga terbaru yang bernama Tesla Coil. Peluncuran Tesla Coil diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Mohamad Nasir, pada tanggal 30 Desember 2014 pukul 13.00 WIB sebagai salah satu rangkaian acara kunjungan Menristek Dikti ke PP-IPTEK di awal periode kepemimpinannya. Tesla Coil, atau dengan nama lainnya adalah kumparan tesla, adalah sejenis sirkuit transformator resonansi yang diciptakan oleh Nikola Tesla sekitar tahun 1891. Alat ini digunakan untuk menghasilkan tegangan tinggi, arus pendek, dan frekuensi tinggi dari arus listrik bolak-balik dan dapat menghasilkan loncatan listrik sepanjang kurang lebih 2,5 meter. Alat peraga ini dilengkapi dengan sebuah sangkar yang disebut dengan Sangkar Faraday yang digunakan untuk memberikan pengalaman yang menantang bagi setiap pengunjung yang mencobanya. Siapapun dapat masuk ke dalam sangkar untuk bereksperimen dengan medan listrik di sekitarnya.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat instansi pemerintah maupun swasta, seperti Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Perindustrian, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, Rektor Universitas Indonesia, PT. Kalbe Farma, PT. IBM Indonesia, Direktur Utama TMII dan jajaran pejabat di Kemenristek Dikti.

Dalam rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan di PP-IPTEK ini, Menristek Dikti juga akan melakukan penyerahan Bis Listrik Kemenristek Dikti secara simbolis untuk dipinjamkan kepada Universitas Indonesia (UI) dalam mendukung pengembangan program  yang dilakukan oleh UI yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademia Universitas Indonesia.

Selain itu, dalam kesempatan ini Menristek Dikti akan memberikan penghargaan kepada beberapa instansi swasta yang telah berkontribusi dan mendedikasikan dirinya dalam mendukung program Kemenristek Dikti bagi pengembangan iptek generasi muda. PT. IBM dan PT. Kalbe Farma sejak tahun 2008 telah menunjukan dedikasinya kepada Kemenristek Dikti, khususnya kepada PP-IPTEK dalam meningkatkan kemampuan iptek generasi muda melalui bantuan alat peraga pembelajaran sains interaktif bagi PP-IPTEK dan beberapa science center lainnya di Indonesia. Program Kids Smart Corner dan Program Kalbe Junior Science Award merupakan bentuk sinergitas antara PP-IPTEK dengan PT. IBM dan PT. Kalbe Farma. Peran perusahaan dalam mendukung program pemerintah dan sinergitas antara keduanya sangat diperlukan dalam membangun negara yang lebih baik. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenristek Dikti pada perusahaan yang berdedikasi tinggi pada kemajuan iptek, sekaligus merangsang perusahaan atau instansi lainnya untuk turut berkontribusi dan mendukung program iptek Kemenristek Dikti demi  kemajuan bangsa dan negara.

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu sumber pembelajaran iptek bagi masyarakat luas khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara.

                                                                                                                       Jakarta, 29 Desember 2014

                                                                                                                       Direktur,




                                                                                                                       Ari Hendrarto Saleh, M.Si


Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)