Breaking News

Science for All PP-IPTEK di Kota Semarang


Kali ini Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk yang ke-5 kalinya pada tahun ini menyelenggarakan kegiatan Sains untuk Semua  atau sering disebut “Science For All” di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dengan menggandeng Pemerintah Kota Semarang diwakili Dinas Pendidikan Kota Semarang dan PT. Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP)  Jawa Tengah sebagai salah satu BUMD di Jawa Tengah, Science for All berjalan selama 3 hari sejak tanggal 21 hingga 23 Agustus 2015.

Berbagai kegiatan yang berfokus pada pengembangan pendidikan dan pembelajaran sains bagi masyarakat, khususnya pelajar dan guru, PP-IPTEK menyajikan Pameran Alat Peraga Iptek yang dapat disentuh mainkan oleh pengunjung. Selain itu, PP-IPTEK juga menyajikan pertunjukan percobaan sains spektakular, pertunjukan peluncuran Roket Air, serta yang tidak kalah pentingnya adalah Pelatihan bagi guru-guru IPA tingkat SMP yang berfokus pada cara membuat percobaan dan alat-alat pembelajaran sains sederhana yang dapat digunakan oleh para guru dalam mengajarkan sains kepada siswa dengan cara yang kreatif dan dapat menstimulus kreativitas dan ide guru dalam membuat media pembelajaran di sekolah.

“Selama ini para guru terkungkung dalam metode pengajaran yang itu-itu saja,” sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin pada acara pembukaan kegiatan pelatihan guru pada hari Sabtu, 22 Agustus 2015 di Ruang Transit, PRPP-Jawa Tengah. Bunyamin menyampaikan dalam sambutannya  bahwa guru IPA harus selalu mempunyai kreativitas dan mengembangkan kreativitasnya agar tidak selalu monoton dalam memberikan pembelajaran bagi anak didik. Untuk mengembangkan kreativitas, guru sains diharapkan selalu melakukan praktek-praktek di luar kelas. Dalam menjelaskan suatu teori sains kepada siswa perlu penjelasan dalam bentuk praktek, bukan hanya membedakan apa yang sudah tercantum dalam buku pelajaran. Mengembangkan siswa adalah mengembangkan masa depan. Apa yang disajikan oleh PP-IPTEK merupakan bentuk fasilitasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bagi guru-guru di Semarang untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi guru dibidang sains.

Pelatihan guru IPA ini diikuti oleh 200 guru IPA di Kota Semarang  dengan tema “Science Center Sebagai Media Pembelajaran Sains di Sekolah” dengan narasumber Ari Hendrarto Saleh dan Hendra Suryanto. Ari Hendrarto Saleh selaku narasumber pertama dan sekaligus Direktur PP-IPTEK menyampaikan dalam paparannya terkait visi misi Kota Semarang yang selaras dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan sains generasi muda Indonesia dalam membangun bangsa yang berdaya saing. Melalui program-program-program  sains yang difasilitasi oleh Pemerintah, melalui Pusat Peragaan Iptek diharapkan kualitas masyarakat Indonesia, khususnya pelajar dapat meningkat dan mampu menyaingi masyarakat di negara maju. Paparan dari Ari Hendrarto Saleh kemudian dilengkapi oleh narasumber ke-2, yakni Hendra Suryanto selaku Kepala Divisi bidang Operasi PP-IPTEK. Hendra Suryanto menyajikan praktek-praktek dalam membuat suatu media pembelajaran sains di sekolah melalui bahan-bahan sederhana yang mudah didapat disekitar kita. Dengan semangat para peserta selama pelatihan membuat para narasumber semakin gencar menularkan ilmu-ilmu sainsnya kepada para guru sehingga membuat waktu selesai pelatihan mundur dari jadwal semula.

Lebih dari 2000 orang pengunjung hadir dalam pameran alat peraga Iptek yang disajikan oleh PP-IPTEK dan PRPP Science Center dengan sebanyak 40 alat peraga sains pada kegiatan Science for All tersebut. Kegiatan Science for All yang diselenggarakan bersamaan dengan even JATENG FAIR sangat menarik antusias masyarakat Semarang, baik dari kalangan sekolah maupun keluarga dari pukul 08.00 hingga 22.00 setiap harinya. Para pemandu dari PP-IPTEK juga sangat bersemangat  memberikan pengetahuan baru kepada para pengunjung yang hadir disana. Para pemandu membawakan Pertunjukan Sains yang juga  menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung seperti Burning Hand, Nitro Bomb, Dragon Fire, Collapsing Can, Baloon Freeze, Kabut Asap, Screaming Kettle, Biskuit Asap, Nitro Balon, dan banyak lagi pertunjukan menarik lainnya.

Dengan adanya kegiatan Science for All di Semarang diharapkan seluruh masyarakat Semarang dapat terus mengembangkan kualitas pendidikannya dibidang sains melalui kegiatan atau praktek-praktek sains secara langsung. Selain itu, masyarakat Semarang dapat lebih dekat mengenal PP-IPTEK.

Tidak ada komentar