Breaking News

PP-IPTEK Turut Berperan dalam Ritech Expo 2015

Research, Innovation, and Technology Expo (RITECH EXPO) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan tujuan memberikan informasi kepada publik dan pemangku kepentingan mengenai perkembangan inovasi di tanah air yang telah dicapai. Tahun ini menjadi tahun ke-20 diselenggarakannya Ritech Expo. Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) selalu berpartisipasi pada kegiatan ini setiap tahunnya.
Ritech Expo 2015 diselenggarakan pada 7 - 10 Agustus 2015 di Lapangan D Parkir Timur Senayan. Kegiatan ini menjadi ajang gelaran hasil riset teknologi anak bangsa di berbagai bidang dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) setiap tahunnya. Peringatan Hakteknas dilatarbelakangi keberhasilan terbangnya pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 yang dibuat oleh anak bangsa dan dirintis oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi pada era itu, BJ Habibie. Replika pesawat N-250 ini pun ada di PP-IPTEK TMII.
Ritech Expo selalu memamerkan aneka hasil inovasi iptek di berbagai bidang dimana tahun ini bertemakan "Inovasi Iptek untuk Daya Saing Bangsa" dengan sub tema yang dibagi menjadi 3 zona, yaitu Pangan, Energi, dan Maritim.
Selain PP-IPTEK, Ritech Expo 2015 juga diikuti oleh berbagai kalangan penggiat iptek di antaranya Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Lembaga Litbang Kementerian, Litbang Daerah, Litbang Perusahaan Negara dan Swasta, Litbang Perguruan Tinggi dan Litbang dari Komunikasi Masyarakat. Ritech Expo 2015 dibuka untuk umum, pelajar/mahasiswa, UMKM dan KADIN Jakarta.
Pembukaan Ritech Expo 2015 dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M. Nasir pada 7 Agustus 2015 yang ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita, kemudian melakukan peninjauan ke setiap stand termasuk stand PP-IPTEK. 

Menristek Dikti sangat antusias berada di stand PP-IPTEK terlihat dengan semangatnya ia mendengarkan pemandu PP-IPTEK menjelaskan alat peraga yang dipamerkan. Ia juga banyak bertanya tentang penerapan alat peraga tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Menristek Dikti menyampaikan harapannya kepada PP-IPTEK sebelum meninggalkan stand PP-IPTEK, “Semoga dengan keberadaan PP-IPTEK dapat memotivasi minat masyarakat khususnya generasi muda untuk cinta iptek.”

Stand PP-IPTEK terletak di outdoor di depan panggung utama sehingga pertama pengunjung datang, langsung melihat stand PP-IPTEK. Sampai hari ke-3 pameran Ritech Expo 2015, kurang lebih ada 300 pengunjung dari anak-anak, remaja, maupun orang tua yang berkunjung ke stand PP-IPTEK dapat berinteraksi langsung dengan alat-alat peraga yang tersedia. Anak-anak sangat senang berada di stand PP-IPTEK karena dapat bermain sambil belajar dan menambah pengetahuannya.

Ritech Expo 2015 juga menampilkan berbagai macam kegiatan, antara lain talkshow, presentasi produk, dan hiburan. Selain menampilkan berbagai alat peraga, PP-IPTEK pun menampilkan Science Show Spectacular yang menjadi Program Reguler di PP-IPTEK. Antusias pengunjung sangat besar terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke stand PP-IPTEK, selain ingin memegang dan merasakan alat peraga yang ada, mereka juga turut serta dalam pertunjukkan Science Show yang ditampilkan PP-IPTEK.

Pada hari ke-3 Minggu, 9 Agustus 2015 banyak pengunjung yang antusias menyaksikan Science Show yang dipertunjukkan di panggung dalam. Pemandu PP-IPTEK berinteraksi langsung dengan pengunjung dalam melakukan percobaan-percobaan terkait nitrogen cair.

“Nitrogen cair ada manfaat dan bahayanya dalam kegunaannya. Hanya saja jangan terlalu banyak pemakaiannya karena dapat merusak tubuh,” ucap Fatah Aji salah satu pemandu PP-IPTEK. Sebelum melakukan percobaan, pemandu PP-IPTEK menjelaskan pengertian nitrogen cair, bahaya dan manfaatnya.

Ritech Expo 2015 juga memiliki rangkaian kegiatan selain di pameran, yakni Seminar Nasional Iptek, Rakornas Iptek, Lomba Menulis dan Foto Iptek, serta Jalan Sehat. Rangkaian kegiatan tersebut ditutup pada 10 Agustus 2015, namun sebelumnya diadakan puncak peringatan Hakteknas ke-20 di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)