Breaking News

Peresmian Wahana Eksibisi Pusat Unggulan Iptek di PP-IPTEK

Dalam rangka upaya penguatan kelembagaan Pusat Unggulan Iptek (PUI), maka Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) membuka wahana PUI di Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan tujuan mengenalkan Pusat Unggulan Iptek dan hasil-hasil riset yang dihasilkan kepada masyarakat luar dan pebisnis, serta meningkatkan kemampuan lembaga dalam mencapai output sebagai Pusat Unggulan Iptek.

Kemenristek Dikti melalui PP-IPTEK menggelar peresmian Wahana Eksibisi 12 Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang terletak di lantai 2 Mezanin gedung PP-IPTEK. Peresmian ini berlangsung pada Kamis, 15 Oktober 2015.

Acara  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, kemudian hiburan tari tradisional dari Anjungan DKI Jakarta TMII. Dilanjutkan dengan laporan dari Koordinator Kegiatan PUI Yudo Baskoro.

Sambutan dari Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti Patdono Suwignjo diwakili oleh Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristek Dikti Kemal Prihatman, sekaligus meresmikan Wahana Eksibisi Pusat Unggulan Iptek yang ditandai dengan pemotongan pita. Pita yang terhubung dengan rangkaian elektronik ini membuat sirine berbunyi dan tirai penutup display nama Pusat Unggulan Iptek “Center of Excelent” yang ada di teras wahana PUI terbuka.

Setelah itu Kemal Prihatman beserta undangan berkeliling ke Wahana Eksibisi Pusat Unggulan Iptek. Terdapat 12 Pusat Unggulan Iptek yang telah diresmikan, yaitu Pusat Studi Biofarmaka Institut Pertanian Bogor (IPB), Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK), Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT), Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI), Pusat Penelitian Karet, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI), Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga, Pusat Mikroelektronika Institut Teknik Bandung (ITB), serta Pusat Penelitian Pigmen Material Aktif (P3MA) dari Universitas Ma Chung.

Diharapkan dengan peresmian 12 Pusat Unggulan Iptek ini dapat menghasilkan penelitian-penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang  bermanfaat untuk masyarakat.  

Tidak ada komentar