Breaking News

PP-IPTEK Meramaikan Pameran Gebyar Pesona Museum Nusantara TMII

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) ikut meramaikan Gebyar Pesona Museum Nusantara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 12-14 Oktober 2015, tepatnya di area Museum Indonesia.

Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Museum Indonesia Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (AMIKA-TMII). Pameran ini digelar dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober. 

PP-IPTEK menyajikan 4 alat peraga dalam pameran ini, yaitu Bola Melayang, Panas Dingin, Energi Angin, dan Sel Surya. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan alat peraga yang disediakan karena memberikan pengalaman sains yang menghibur, bermanfaat, dan menambah wawasan pengunjung karena alat peraganya menarik untuk dicoba. Antusias pengunjung sangat besar terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke stand PP-IPTEK.

Dalam acara ini, berbagai kegiatan menarik dapat dinikmati pengunjung. Salah satunya, PP-IPTEK turut menampilkan Science Show Spectacular yang menjadi program reguler di PP-IPTEK. Pengunjung dapat merasakan langsung percobaan-percobaan yang ditampilkan pemandu PP-IPTEK dengan tema nitrogen cair dan fire.

Dalam kegiatan ini terdapat pula Dialog Museum Bersama Komisi X DPR RI yang dilaksanakan pada 14 Oktober 2015.

“Tujuan dari acara ini yaitu mencoba untuk mendekatkan museum dengan masyarakat. Cuma model yang diambil dari acara ini sedikit berbeda karena memberikan satu tekanan pada tiga hal, yaitu bisa dilihat, diraba, dirasakan,” kata Gunawan, Humas acara Gebyar Pesona Museum Nusantara.

Pameran ini tidak hanya menyajikan museum-museum yang ada di dalam TMII saja, tetapi ada juga pameran dari museum lain, contohnya museum tekstil. Ada sekitar 16 museum yang dipamerkan dalam acara ini.

Tidak ada komentar

Index Labels