Breaking News

PP-IPTEK Meramaikan Science & Technology Expo SMPN 99 Jakarta

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) ikut meramaikan kegiatan Science & Technology Expo di SMPN 99 Jakarta pada 30-31 Januari 2016. Kegiatan ini diselenggarakan oleh IBM dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang didukung berbagai instansi, yaitu PP-IPTEK, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Narkotika Nasional (BNN), Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta Kementerian Koperasi & UKM (Kemenkop).





Kegiatan yang terdiri dari workshop dan pameran produk teknologi ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto, yang mewakili Gubernur DKI. Setelah pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Presiden Direktur IBM mengunjungi stand PP-IPTEK, meminta siswa-siswi yang menjelaskan mengenai alat peraga yang ada seperti Menebak Tanggal Lahir, Generator van De Graff, Katrol, dan sebagainya.


PP-IPTEK memamerkan 15 alat peraga yang bertemakan sains dengan konsep ilmu fisika dan matematika yang biasa dipelajari siswa di sekolah. Para siswa sangat antusias terhadap sains dan teknologi terlihat dari ramainya stand PP-IPTEK, sekitar 500 orang berkunjung ke stand PP-IPTEK, baik siswa SMPN 99 Jakarta, siswa dari sekolah lain, guru, maupun pengunjung umum. Dengan alat-alat peraga ini, siswa dapat belajar sambil bermain dengan alat peraga yang interaktif dan menyenangkan.
Selain alat peraga, PP-IPTEK pun menyajikan Science Show yang menjadi Program Reguler di PP-IPTEK. Pemandu PP-IPTEK berinteraksi langsung dengan beberapa siswa untuk merasakan percobaan-percobaan yang disajikan, yaitu Nitro BubblePlastisinitro, dan Screaming Kettle. Para siswa sangat antusias menyaksikan fenomena yang menggambarkan tentang kecanggihan sains yang menarik, unik, dan interaktif.


Terdapat pula berbagai workshop yang diselenggarakan, di antaranya workshop yang dibawakan oleh Mabes TNI AL membahas tentang Indonesia Sebagai Negara Maritim, BNN membahas Say No to Drug, Bareskrim POLRI membahas Fight Cyber Bullying, PLN membahas Hemat Energi dan Penggunaan Listrik Tepat Guna, serta Kemenkop UKM membahas Young Entrepreneur dan Sosialisasi Merk Dagang & Legalitas Usaha. Berbagai workshop yang diadakan ini mengarahkan siswa-siswi lebih cerdas dalam menggunakan teknologi, tujuannya agar anak paham mempelajari dan menggunakan teknologi dengan baik.

Tidak ada komentar