Breaking News

Peneropongan Langsung Gerhana Matahari di PP-IPTEK

Pada 9 Maret 2016 wilayah Indonesia akan dilewati fenomena langka astronomi “Gerhana Matahari Total” yang akan melintasi 11 provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur,  Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Walaupun jalur totalitas tidak melintasi seluruh Indonesia, masyarakat yang berada di luar jalur totalitas termasuk DKI Jakarta masih bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian yang tidak kalah menarik.

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan mengadakan peneropongan langsung Gerhana Matahari yang dimulai dari pukul 06.00 - 08.30 WIB.

Gerhana Matahari merupakan peristiwa dimana matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus sehingga cahaya matahari terhalang oleh bulan baik sebagian maupun keseluruhan. Gerhana Matahari Total ini menjadi gerhana pertama dalam seri gerhana di tahun 2016. Pada tahun ini, akan terjadi 5 gerhana dengan komposisi 3 gerhana bulan penumbra dan 2 gerhana matahari yang terdiri dari gerhana total dan gerhana cincin.

Kegiatan Peneropongan Gerhana Matahari di PP-IPTEK menjadi rangkaian kegiatan sains interaktif yang terkait dengan fenomena alam berupa Gerhana Matahari. Kegiatan ini meliputi Pemutaran Film Ilmiah berjudul Stars dimulai dari 29 Februari 2016 hingga 9 Maret 2016 pukul 13.30-14.00 WIB dan PeneroponganGerhana Matahari Sebagian.

Kegiatan peneropongan di PP-IPTEK secara cuma-cuma ini akan menggunakan teropong tipe Celestron dan Coronadoyang dilengkapi dengan filter matahari sehingga pengunjung dapat mengikuti kegiatan ini dengan aman. Instrumen yang digunakan akan dihubungkan dan ditampilkan ke screen sehingga dapat disaksikan oleh seluruh pengunjung yang hadir pada saat itu. Tidak disarankan mengamati matahari secara langsung.

Tidak ada komentar