Breaking News

Ajang Kalbe Junior Scientist Awards 2016

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun ini menjadi tempat penyelenggaraan Kalbe Junior Scientist Awards (KJSA) pada 28 Juli 2016.

 Setiap tahunnya PP-IPTEK terus bekerja sama dengan PT Kalbe Farma dalam kegiatan KJSA dari penjurian maupun pembuatan alat peraga interaktif yang dipamerkan. Dari 18 karya finalis KJSA 2016 yang diundang ke Jakarta untuk memberikan presentasi karya sains pada 25-26 Juli 2016di Desa Wisata TMII, terpilihlah 9 pemenang unggulan dan 1 pemenang favorit. Karya sains yang dibuat oleh para finalis mencakup bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) terpadu, teknologi (terapan), serta matematika.

Dalam sambutan Direktur PT Kalbe Farma Vidjongtius memaparkan, “Mewakili komitmen Kalbe yang begitu besar dan terus-menerus untuk mengembangkan inovasi yang berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian, khususnya untuk siswa-siswa sekolah dasar. Tahun 2016 ini merupakan penyelenggaraan yang ke-6 kalinya KJSA ini.”

KJSA 2016 berhasil menerima 917 karya yang berasal dari 358 sekolah di 23 provinsi dari seluruh Indonesia dengan ide-ide yang orisinal. Ini peningkatan yang luar biasa dari tahun-tahun sebelumnya.

Tibalah di penghujung acara, saatnya pengumuman pemenang KJSA 2016. Untuk pemenang favorit diraih Ardelia Luthfi Agata & Dewi Febria Adhaneira dari Young Edu Sains Surakarta dengan karya Sitonal Pemetik Buah (Tongkat Pipa yang di dalamnya Ada Anak Panah).



Kesembilan pemenang unggulan yang terpilih ialah sebagai berikut:
(1)   Juan Carlo Vieri & Eugenia Aileen Putrijaya dari SD Intan Permata Hati East Surabaya dengan karya Alat Pendeteksi Kesesuaian Buku dengan Jadwal Pelajaran.
(2)   Ahnaf Fauzy Zulkarnain dari SDN Karangrejek II Kabupaten Gunung Kidul dengan karya Alat Perontok Jagung dan Pasah Singkong/Pisang.
(3)   Muhammad Daffa Rizki Ferdiansyah & Alya Salsabila Bisri dari SD Muhammadiyah 2 Gresik dengan karya Angin Muda Ceria.
(4)    Yesaya Sandya Putra Prabaswara & Josephine Meisya Candrakanti dari SD Kristen Widya Wacana Jamsaren Solo dengan karya Kancing Difable.
(5)   Callista Samantha Dina Charis dari SD Kanisius Jepara dengan karya Kandang Cerdas Teknologi Android.
(6)   Muh. Uswah Syukur dari SD Negeri 71 Pare Pare dengan karya Portable Tangki Air WC Jongkok.
(7)   Ardelia Luthfi Agata & Dewi Febria Adhaneira dari Young Edu Sains Surakarta dengan karya Sitonal Pemetik Buah (Tongkat Pipa yang di dalamnya Ada Anak Panah).
(8)   Nasya Nadhira Ghazyah & Nadiya Rahma Ihsandari dari SD Muhammadiyah Manyar Gresik dengan karya TOMAT (Detektor Membaca Sehat).
(9)   M. Attariza Wanggono dari SDIT AT-Taqwa Surabaya dengan karya Tongkat Penuntun Surga.
PP-IPTEK berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut demi kemajuan ilmu pengetahuan Indonesia. Hasil karya pemenang favorit & 9 pemenang unggulan finalis KJSA 2016 akan dipamerkan di Pusat Peragaan Iptek TMII.

Tidak ada komentar