Breaking News

Antusiasme Siswa/i Serang Sangat Tinggi dalam Science for All PP-IPTEK di Serang


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan kegiatan Science for All (SFA) di Kab.Serang, Banten. SFA dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kab. Serang yang diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 28 Februari - 2 Maret 2017.



SFA merupakan kegiatan pembelajaran iptek bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, melalui beberapa pendekatan iptek seperti diskusi, kompetisi, science activity, science performance, serta kegiatan-kegiatan inquiry lainnya.

Adapun rangkaian acara SFA Serang kali ini meliputi Pameran Alat Peraga/Peragaan Iptek Keliling (PIK), Workshop Sains bagi guru SD & SMP, serta Worskhop Siswa SMP.

PIK dilaksanakan pada tanggal 28 Februari2 Maret 2017  pukul 09.00 – 15.00 WIB di Ruang Serbaguna SMP Negeri 1 Kramatwatu Serang. Selain menampilkan alat peraga, PIK ini juga dilengkapi dengan berbagai percobaan sains yang menggunakan alat dan bahan sederhana untuk mengungkap serta menjelaskan fenomena sains dalam kehidupan sehari-hari. Para Pemandu dari PP-IPTEK berkesempatan untuk menyajikan percobaan-percobaan sains tersebut.




Dinas Pendidikan Kabupaten Serang  memobilisasi para guru dan siswa/i dari berbagai tingkat pendidikan untuk berkunjung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Antusias para guru dan siswa/i pada kegiatan PIK sangat tinggi, mereka bersemangat memainkan alat peraga yang tersedia dan bertanya tentang aspek keilmuan dari alat peraga tersebut. Antusias mereka juga dapat terlihat dari banyaknya peserta yang hadir pada 3 hari pelaksanaan kegiatan PIK yaitu lebih dari 3.745 orang.



Pada hari pertama dan kedua juga bersamaan dengan workshop guru sains SD & SMP dengan tema Inquiry Learning yang dibawakan oleh Hendra Suryanto. Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru tentang penerapan berbagai aspek pembelajaran yang disusun secara sederhana namun dapat menggugah rasa ingin tahu siswa terhadap bahan ajar yang ingin disampaikan.




Dengan adanya kegiatan Science for All di Serang ini diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Serang dapat terus mengembangkan kualitas pendidikannya di bidang sains melalui kegiatan atau praktek-praktek sains sederhana yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, masyarakat Serang dapat lebih dekat mengenal PP-IPTEK – Kemenristekdikti dan dapat berkunjung ke PP-IPTEK.

Pada hari terakhir, sebanyak 68 orang peserta dari jenjang SMP berasal dari 62 sekolah hadir sebagai peserta workshop pembuatan roket air. Peserta yang telah hadir melakukan registrasi untuk selanjutnya menyimak pembekalan materi terkait pengetahuan tentang keroketan serta cara pembuatan roket dengan berbahan dasar botol pet bekas minuman bersoda, di mana pada sesi pertama merupakan sesi materi untuk mengulas serba-serbi roket air, kemudian sesi selanjutnya adalah sesi pembuatan roket air, dan sesi terakhir yaitu sesi uji peluncuran roket air.


Kegiatan dimulai tepat pukul 09.30 WIB dengan ulasan materi roket air, materi workshop yang telah disusun ini disampaikan secara jelas dan menarik sehingga siswa yang hadir senang untuk mempelajari pelajaran fisika.  Dalam workshop ini, siswa diajarkan untuk membuat roket air dengan menggunakan peralatan-peralatan yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar mereka, seperti botol minuman bersoda. Melalui workshop ini pula siswa belajar mengenai variabel-variabel yang dapat mempengaruhi kestabilan terbang sebuah roket, seperti bentuk dan jumlah sayap yang digunakan, serta variabel yang menentukan ketepatan roket dalam mencapai target yang ingin dicapat seperti sudut elevasi, volume air serta tekanan yang diberikan.  Agar lebih memahami materi tentang konsep roket air, penyampaian materi juga disertai dengan demonstrasi sains yang berkaitan dengan konsep aerodinamis, yang merupakan aspek penting agar roket air yang dibuat para peserta dapat mengudara secara stabil. Selanjutnya peserta membuat roket air dari botol dimana masing-masing peserta membuat satu roket yang akan diluncurkan setelah sesi pembuatan roket air selesai.

Tepat pukul 11.00, sesi peluncuran dilakukan di Lapangan SMP Negeri 1 Kramatwatu Serang. Teriknya panas matahari tidak menyurutkan panitia dan peserta untuk meluncurkan roket airnya hingga mencapai target yang telah ditentukan panitia. Hampir banyak roket yang diluncurkan dapat mencapai sasaran, hal ini menunjukkan para siswa SMP di Kabupaten Serang ini cukup teliti dalam menentukan sudut dan tekanan yang digunakan. Walau lokasi peluncuran kurang sesuai dengan yang diharapkan, tetapi semangat dan antusias pelajar untuk meluncurkan roketnya membuat suasana peluncuran menjadi sangat meriah.


Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)