Breaking News

PP-IPTEK Ikut Memeriahkan Hakteknas-22 di Makassar dengan Meluncurkan 22 Roket Powder

Dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 di Makassar, Sulawesi Selatan, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan kegiatan Science for All (SFA) pada tanggal 8 – 12 Agustus 2017.

Science for All merupakan salah satu program unggulan PP-IPTEK dalam rangka memasyarakatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kegiatan ini diselenggarakan di berbagai wilayah Indonesia guna memberikan pengalaman sains yang merata di seluruh lapisan masyarakat, dan membangkitkan keingintahuan masyarakat dalam pemahaman sains dan teknologi.

SFA Makassar kali ini terdiri dari Kompetisi Roket Air Regional Makassar, Workshop Sains, dan Pameran Alat Peraga yang termasuk dalam Pameran Ritech Expo yang diselenggarakan Kemenristekdikti. SFA ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan PP-IPTEK dalam memperingati Hakteknas ke-22 di Makassar.

Pada tanggal 8 Agustus 2017 bertempat di Celebes Convention Center, diadakan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) Makassar merupakan kegiatan berbasis sains interaktif yang mewadahi pelajar usia 12-16 tahun (sesuai ketentuan) untuk bersaing dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keantariksaaan, guna memotivasi generasi muda untuk ikut serta dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keantariksaan. KRAR Makassar ini diikuti 72 siswa dan 14 guru pendamping dari 14 sekolah yang bersekolah di wilayah Makassar dan sekitarnya.


Penilaian kompetisi didasarkan pada skor terbaik dari dua kali peluncuran yang merupakan jarak terpendek jatuhnya roket terhadap titik pusat target. Dewan Juri memutuskan bahwa skor terbaik 1-4 pemenang KRAR Makassar adalah sebagai berikut: 

JUARA
NAMA PESERTA
ASAL SEKOLAH
NILAI AKHIR
1
Nafiatul Ahwalah
SMPN 26 Makasar
3.29
2
Nur Fajrianti
SMPN 12 Makasar
3.3
3
Nurul Ihsaniah
SMPN 25 Makasar
3.5
HARAPAN
NAMA PESERTA
ASAL SEKOLAH
NILAI AKHIR
1
Diva Nurmala A
SMPN 15 Makasar
4












Pemenang KRAR Makassar berkesempatan mengikuti Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) yang akan diadakan di Serpong, Tangerang, yang selanjutnya dapat berkesempatan menuju tingkat internasional yang tahun ini diadakan di Bengaluru, India.

Pada hari berikutnya diadakan pelatihan dan gladi bersih peluncuran 22 Roket Powder. Ini menjadi salah satu upaya untuk mematangkan kontribusi PP-IPTEK dalam acara pembukaan peringatan Hakteknas, dengan melibatkan 22 peserta kompetisi roket air untuk melakukan peluncuran.

Hari berikutnya tanggal 10 Agustus 2017 merupakan pembukaan dan puncak acara Hakteknas ke-22. Tim PP-IPTEK dan 22 peserta yang telah terpilih melakukan peluncuran 22 Roket Powder yang dilaksanakan di atas kapal Pinishi dan beriringan dengan rangkaian acara pembukaan yang dikoordinir dan dilaksanakan oleh Kemenristekdikti.

Hari selanjutnya diadakan workshop sains dalam rangka SFA, workshop sains dengan tema Learning Cycle Pembelajaran Sains Di Science Center yang ditujukan bagi guru-guru pengajar tingkat Sekolah Menengah Pertama/sederajat guna memberikan gambaran peran serta PP-IPTEK secara nyata dalam peningkatan pemahaman masyarakat khususnya pelajar dalam bidang sains dan teknologi melalui Eksplorasi alat peraga dan kegiatan sains interaktif.






Hari berikutnya diadakan workshop sains yang ditujukan bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas/sederajat dengan tema Science Skill Process dan penerapan Metode Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di Science Center. Kedua workshop tersebut dibawakan oleh Feti Anita Tristiana selaku Kepala Sub Divisi Program dan Pendidikan PP-IPTEK.

Tidak ada komentar

Index Labels