Breaking News

Kongres Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) ke-4

Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama Taman Pintar Yogyakarta yang menjadi tuan rumah Kongres Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) ke-4 tahun 2017 pada tanggal 12-14 September 2017 bertempat di Hotel Grand Inna Yogyakarta dan Taman Pintar Yogyakarta.




Asosiasi Science Center Indonesia atau sering disebut ASCI merupakan organisasi yang menaungi Science Center yang berada di wilayah Indonesia. Pengertian Science Center itu sendiri adalah wahana pembelajaran iptek non formal untuk semua usia yang berperan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang iptek.

ASCI dibentuk pada tanggal 29 Agustus 2013 pada acara Deklarasi ASCI di PP-IPTEK, Jakarta. Sampai tahun 2017 sudah ada 23 Science Center di Indonesia, yaitu PP-IPTEK, Taman Pintar Yogyakarta, Puspa Iptek Sundial Kotabaru Parahyangan Bandung, Graha Teknologi Sriwijaya Palembang, Solo Science Center, UPTD Pusat Iptek dan Bahasa Pontianak, Jateng Science Center -Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang, Bappeda Jepara – Kura Kura Ocean Park, Jatim Park Jawa Timur, Badan Pengembangan dan Penelitian Provinsi Kalimantan Selatan - Museum Lambung Mangkurat, Balitbang Provinsi Sulawesi Tenggara, Iptek Center Sawahlunto, Badan Penelitian dan Pengembangan  Provinsi Sumatera Utara, Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Belitung Timur, Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu – Mutiara Bangsa Science Center, Puspa Iptek Tanjung Jabung Timur, Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Lampung, Dinas Perpustakaan dan Dokumentasi Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gianyar Bali, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kota Cilacap, Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Bappeda Kota Parepare – Balai Ainun Habibie, dan Pusat Sains Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan ASCI 2017 termasuk dalam rangkaian acara Pesta Sains Jogja 2017 yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta. Hari pertama kegiatan ASCI tanggal 12 September 2017 diisi dengan Seminar Nasional dengan tema "Peran Science Center dalam Pengembangan Literasi Sains Masyarakat". 

Seminar Nasional ini dihadiri oleh 210 peserta dari Science Center, Bappeda, Balitbang, dan Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. Narasumber Seminar ini diisi oleh Ketua Asosiasi Science Center Indonesia sekaligus Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas, Programme Specialist Science Policy and Capacity Building UNESCO Regional Science Bureau for Asia and Pacific, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gajah Mada, Communication Director Danone Indonesia, dan Pemimpin Redaksi Tribun dengan tema “Capacity Building: Optimalisasi Peran dan Nilai Stategis Science Center dalam Pengembangan Literasi Sains Masyarakat” dan “Komunikasi Sains: Strategi dan Tantangan”.




Seminar & Kongres ASCI 2017 dibuka oleh Direktur Sistem Inovasi Dr. Ir. Ophirtus Sumule, DEA yang mewakili Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).





Hari ke-2 tanggal 13 September 2017 merupakan Kongres ASCI 2017 yang dihadiri oleh 14 Science Center Daerah, yaitu PP-IPTEK, Taman Pintar Yogyakarta, Puspa Iptek Sundial Kotabaru Parahyangan Bandung, Graha Teknologi Sriwijaya Palembang, UPTD Pusat Iptek dan Bahasa Pontianak, Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang, Bappeda Jepara, Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Lampung, Dinas Perpustakaan dan Dokumentasi Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Balitbangda Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kota Cilacap, Solo Science Center, dan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto.
Tujuan Kongres ASCI adalah sebagai ajang silaturahmi bagi para pengelola Science Center untuk kembali menguatkan visi dan misi Science Center di seluruh wilayah Indonesia, serta sebagai wadah untuk berbagi dan tukar pengetahuan terkait Science Center berbasis sains dan teknologi agar lebih memotivasi antar Science Center dalam mengutamakan pengunjung dan memberi kesadaran terkait sains dan teknologi.

Kongres ASCI ke-4 ini merupakan kelanjutan dari Kongres ASCI sebelumnya yang diadakan di Serpong, Tangerang Selatan. Pada setiap Kongres ASCI membicarakan tentang Program Kerja dan Evaluasi Kegiatan ASCI tahun 2017-2018.




Hari ke-3, 14 September 2017, peserta Kongres ASCI berkunjung ke Istana Kepresidenan Yogyakarta, kemudian dilanjutkan dengan penutupan Kongres ASCI 2017 di Taman Pintar Yogyakarta dengan melanjutkan kembali pembahasan program kerja dan menetapkan Jateng Science Center – PRPP Semarang sebagai host Kongres ASCI tahun 2018.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan hasil Kongres ASCI ke-4 oleh perwakilan dari 12 Science Center yang hadir, dikarenakan perwakilan dari Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kota Cilacap dan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu berhalangan hadir pada hari terakhir sehingga hanya 12 Science Center yang menandatangani hasil kongres. Setelah itu penutupan Kongres ASCI ditutup oleh M. Syachrial Annas selaku Ketua ASCI dan Afia Rosdiana selaku Kepala UPT Taman Pintar Yogyakarta.






Tidak ada komentar

Index Labels