Breaking News

ANTUSIAS PESERTA KOMPETISI POSTER SAINS 2017


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Kompetisi Poster Sains pada Sabtu, 16 September 2017 di PP-IPTEK, Kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

                                      


Dalam perkembangannya PP-IPTEK berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan, minat dan kreativitas masyarakat terutama generasi muda dalam bidang antariksa. Selain roket sains, salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah melalui kompetisi poster.

Kompetisi Poster Sains merupakan kontes poster Antariksa bersifat nasional bagi siswa Sekolah Dasar berusia 8 – 11 tahun  yang diselenggarakan untuk mengikuti Kompetisi Poster Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-24.

Kompetisi Poster ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menggali kedalaman imajinasi, melatih kreativitas dan menampilkan gagasan-gagasan  mereka dalam bentuk seni. Selain itu kontes poster ini diharapkan dapat  meningkatkan minat dan kesadaran akan ilmu dan teknologi ruang angkasa di kalangan generasi muda.




Tahun ini,
Kompetisi Poster APRSAF 2017 bertemakan United Through Space” (Angkasa yang Mempersatukan). Dalam lomba ini, peserta tidak diperkenankan menuliskan slogan atau kata-kata yang mewakili individu, organisasi, atau merek dagang tertentu pada poster yang dibuatnya. Setiap peserta membawa perlengkapan alat tulis dan menggambar masing-masing. Dalam 3 (tiga) jam waktu yang disediakan oleh panitia, peserta terlihat siap dan berkonsentrasi untuk menghasilkan gambar dan muatan hasil sesuai dengan tema yang diwajibkan. Banyak orangtua dan guru pendamping yang hadir untuk mendampingi dan mendukung anak-anaknya.

Kompetisi Poster Sains 2017 dibuka oleh M. Syachrial Annas, Direktur PP-IPTEK. Penilaian poster berdasarkan kriteria kesesuaian poster dengan tema (40%), kreativitas (35%), dan keharmonisan pewarnaan dan objek (25%). Dewan juri berasal dari berbagai kalangan yaitu Dosen Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan perwakilan sanggar seni.






Setelah melalui penilaian yang didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan dan disepakati oleh dewan juri, diputuskan bahwa skor terbaik yaitu 1 – 6, yaitu :
1.                  Juara 1 (satu) diraih oleh Angelique Chloe dari SD Bunda Hati Kudus Cibubur;
2.                  Juara 2 (dua) oleh Charlene Josephine dari SD Kingdom School Tangerang;
3.                  Juara 3 (tiga) adalah Egalita Adliyah dari SD Al Azhar Syifabudi Cibinong.
4.                  Harapan 1 (satu) diraih oleh Nazwa Sabila dari SD Islam Khairunas Serang;
5.                  Harapan 2 (dua) oleh Namira Hapsari dari SDN Bintaro 03 Pagi Jakarta Selatan; dan
6.                  Harapan 3 (tiga) oleh Farrel Himawan H dari SD Al-Azhar 9 Kemang Pratama Bekasi.



Tahun ini Kompetisi Poster diikuti 196 siswa dari 55 sekolah dasar di wilayah Jabodetabek. Hasil karya poster tiga besar akan diikutsertakan kembali dalam Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-24 di Bengaluru, India pada bulan November 2017.

Selamat kepada para pemenang, sampai jumpa di kompetisi poster tahun depan.

Tidak ada komentar