Breaking News

Peresmian Pusat Sains Daerah Kalimantan Timur




Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Peresmian Pusat Sains Daerah Kalimantan Timur yang disertai dengan kegiatan Science For All  (SFA) dalam bentuk mini Science Center dengan menggelar alat peragaan iptek interaktif yang dapat disentuhmainkan, disertai dengan demo iptek serta workshop guru dan siswa  yang dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 24 – 16 Oktober 2017 di Gedung Education Center Samarinda, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur.

Peresmian Pusat Sains Daerah Kalimantan Timur dan Pembukaan SFA dibuka oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Awang Faroek, didampingi Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol Peluncuran Roket Powder. Peluncuran Roket Powder mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para undangan karena dinilai sangat impresif dan sangat berbeda dari acara seremonial yang pernah diadakan sebelumnya.





Dirjen Penguatan Inovasi dalam sambutannya yang diwakili oleh Direktur PP-IPTEK mengatakan bahwa peresmian  Pusat Peragaan Iptek Daerah Samarinda, merupakan wujud dari komitmen Gubernur Kalimantan Timur dalam memajukan, membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia berbasis iptek. 

Dirjen Inovasi juga menandaskan bahwa Science Center dirancang sebagai wahana pembudayaan iptek melalui pendidikan non formal untuk meningkatkan pemahaman dan memotivasi pemuda/pelajar melalui peragaan interaktif. Diharapkan ke depannya Pusat Peragaan Iptek Samarinda bisa menggandeng Universitas-Universitas setempat baik negeri maupun swasta, ataupun menggandeng perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Timur, atau bahkan se-Pulau Kalimantan.

Mengawali sambutannya sebagai Direktur Utama  Education Center, Bambang Irianto mengatakan bahwa keberadaannya di Education Center dan Pusat Sains Daerah Kaltim adalah untuk mengawal agar Education Center bisa dikelola sebagai BLUD dan memastikan bahwa Pusat Sains Daerah Kaltim berfungsi sebagai wadah bagi guru dan siswa untuk menggali ilmu pengetahuan. Diharapkan Pusat Sains Daerah Kaltim menjadi pusat wisata sains dan penelitian  bagi remaja.
Dalam program pendirian Science Center Daerah, Kemenristekdikti menyampaikan bantuan alat peraga berupa hibah sebanyak 18 buah alat peraga, yang saat ini sudah di operasikan bersama-sama dengan alat peraga iptek yang dibawa dari Jakarta untuk pelaksanaan kegiatan Science for All. Pusat Peragaan Iptek Daerah Samarinda adalah merupakan science center ke-23 yang ada di Indonesia.

Arahan Gubernur Kaltim dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat Propinsi Kalimantan Timur, agar  Kaltim senantiasa dapat terus berkembang untuk meningkatkan potensi daerah dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. Gubernur Propinsi Kaltim dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Propinsi Kaltim untuk mendapatkan fasilitasi pendirian Pusat Sains Kalimantan Timur. Dengan keberadaan Pusat Sains Kalimantan Timur tersebut diharapkan mampu mengembangkan potensi generasi muda dalam mewujudkan cita-cita Kalimantan Timur untuk menciptakan sumberdaya manusia yang handal di era Globalisasi.







Setelah pembukaan dilaksanakan kegiatan Workshop Gizi dan Kesehatan untuk siswa SMA dengan 69 peserta siswa SMA daerah Samarinda dan sekitarnya dengan pemateri, Masia Situmorang dari Pusat Peragaan Iptek. Kegiatan workshop penting gizi bagi perkembangan dari lahir hingga dewasa yang dikemas dengan percobaan sederhana. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan para siswa dalam bidang IPA khususnya pengetahuan tentang Gizi.



Kegiatan pun bersamaan dengan Peragaan Iptek Keliling (PIK) yang menampilkan 30 alat peraga dari PP-IPTEK serta 18 Alat Peraga Hibah, seluruh kegiatan peragaan dan demo Iptek dipandu oleh Mahasiswa  lokal  yang telah dilatih sehari sebelumnya. Hal ini sengaja dilakukan agar terjadi transfer pengetahuan kepada meraka dan juga akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang terpilih sebagai pemandu. Pada sesi-sesi tertentu diadakan atraksi demo iptek yang di bawakan dengan penuh semangat dan mendidik, dimana pengunjung akan diberi pertanyaan yang berkaitan dengan alat peraga/Iptek dan yang bisa menjawab akan diberi hadiah. Selama kegiatan Peragaan Iptek berlangsung  dikunjungi oleh  5.273 pengunjung.

Pada tanggal 25 Oktober 2017 dilaksanakan Workshop Guru SMP yang diikuti 81 guru. Dalam pemaparan materi yang dibawakan oleh Supiyan salah satu Managemen PP-IPTEK, menekankan akan pentingnya variasi mengajar dan lebih mengutamakan eksperimen untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak sehingga siswa lebih mudah memahami dan menangkap isi pesan dari materi yang disampaikan.







Workshop ini diberikan dalam rangka memberikan pemahaman tambahan kepada para Guru akan pentingnya variasi pengajaran dan metode mengajar sehingga diharapkan setelah mengikuti workshop ini para guru dapat lebih memacu dan memotivasi peserta didiknya untuk dapat menyukai dan memahami sains lebih mendalam.

Pada hari terakhir diadakan Workshop SMP mengenai teknis pembuatan roket air yang diikuti 76 siswa. Teknis pembuatan roket air mengikuti standar yang sudah berlaku secara nasional dan internasional. Sebagaimana diketahui bahwa roket air telah dikompetisikan baik dari tingkat daerah, regional, nasional sampai internasional.





Workshop ini menjelaskan teknik pembuatan roket yang mengikuti prinsip roket pada umumnya namun berbeda dari segi bahan dan pendorong dan muatan roketnya, dimana dalam pembuatan roket ini peserta menggunakan botol PET, dan bahan-bahan lainnya, sedangkan untuk pendorongnya menggunakan tenaga angin serta muatannya menggunakan media air sebagai muatannya. Workshop ini akan menghasilkan roket-roket air yang kemudian diuji coba luncurkan pada hari tersebut.

Pusat sains Kalimantan Timur yang berada di Kota Samarinda  diharapkan dapat menjadi sentra pemberdayaan generasi muda dalam menggemari dan memahami pentingnya iptek.




Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)