Breaking News

PP-IPTEK Berpartisipasi dalam Pameran I3E yang Diselenggarakan Kemenristekdikti




Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) berpartisipasi dalam Pameran Inovator & Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2017 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi (Dirjen PI) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Grand City Mall Surabaya pada 19 – 22 Oktober 2017.

Inovator & Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2017 adalah program pengembangan dan komersialisasi hasil penelitian, pengembangan, dan inovasi. Program ini telah berjalan sejak tahun 2015 dan telah menjembatani sekitar 458 perusahaan berbasis teknologi untuk berkembang.





Pameran I3E dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, M.Si, Akt, Ph.D. Selain sambutan dari Menristekdikti, ada pula sambutan dari Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si sekaligus sebagai ketua pelaksana Pameran I3E 2017 dan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf yang mewakili Gubernur Jawa Timur. Penutupan I3E 2017 ditutup oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Direktur Jenderal PI.

Pameran I3E ini bertujuan memperkenalkan dan memperlihatkan pada masyarakat luas bahwa Indonesia memiliki start-up yang mampu menghasilkan produk-produk bermutu dan berdaya saing,” ungkap M. Nasir dalam sambutannya.

“Pameran ini bisa menjadi wahana strategis yang menjembatani produk-produk yang siap komersil dari para startup untuk bertemu dengan para investor yang tertarik berinvestasi memproduksi dan memasarkan produk serta pembeli potensial yang berkunjung waktu pameran,” sambutan Jumain Appe.

Untuk mempromosikan produk-produk inovasi yang dihasilkan oleh perusahaan pemula berbasis teknologi/start-up, Kemenristekdikti menyelenggarakan I3E setiap tahunnya. Tahun ini merupakan ketiga kalinya diadakan. Pada tahun sebelumnya I3E diselenggarakan di Jakarta, tetapi pada tahun ini diselenggarakan di luar Jakarta, yaitu Kota Surabaya, Jawa Timur yang terpilih menjadi tempat pelaksanaannya.

Produk inovasi teknologi yang dipamerkan mencakup sembilan (9) bidang fokus, yaitu pangan, kesehatan dan obat, teknologi informasi dan komunikasi, energi, transportasi, hankam, bahan baku, material maju, dan kemaritiman. Pameran I3E diikuti lebih dari 450 produk inovasi dari start-up teknologi karya inovator anak negeri. Selain pameran, terdapat talkshow yang dibawakan oleh beberapa inovator yang menceritakan awal mula mereka memulai inovasi hingga menjadi bisnis yang terus dikembangkan.





Dalam pameran I3E ini, PP-IPTEK membawa 4 alat peraga yang bertemakan sains dengan konsep ilmu fisika dan matematika, yaitu Energi VS Daya, Penjumlahan 17, Penjumlahan 15, dan Menara Kubus. Selain menampilkan alat peraga, PP-IPTEK juga menyajikan program Science Corner yang memberikan tantangan kepada pengunjung seperti Dart, Kutu Kopter, Stacking Cups, Sate Balon, Menyentuh Koin, Akrobatik Kertas, Koin Pemalas, Koin Karambol, dan Bola Berputar. Pengunjung sangat antusias mencoba berbagai percobaan sains dengan bahan-bahan sederhana yang menantang mereka untuk berpikir dengan ilmu sains.







PP-IPTEK pun menampilkan 3 kali Science Show dengan bertemakan Kimia dan Fire, 1 kali tampil pada tanggal 20 September 2017 dan 2 kali tampil pada tanggal 21 Oktober 2017. Pemandu PP-IPTEK berinteraksi langsung dengan beberapa pengunjung untuk merasakan percobaan-percobaan yang disajikan.






Pengunjung tampak antusias terhadap alat peraga PP-IPTEK dan Science Corner yang disajikan karena memudahkan mereka dalam mempelajari sains dengan cara yang menyenangkan. Sampai hari terakhir Pameran I3E 2017 booth PP-IPTEK dikunjungi sebanyak 1200 pengunjung yang kebanyakan pengunjung keluarga, pengunjung umum, dan beberapa anak sekolah.

Selain pameran, selama empat hari, peserta pameran I3E mendapat kesempatan meningkatkan kapasitas dan menggali kesempatan berbisnis. Selama pameran diadakan seminar dan talk show mengenai branding, online marketing, paten dan hak kekayaan intelektual, standar mutu, serta strategi menembus pasar ritel modern. Sesi pembelajaran tersebut diisi oleh pakar-pakar di bidangnya, seperti pakar periklanan Subiakto dari Hotline Advertising, Heriyadi Janwar dari Bhinneka.com, dan Roy Mandey dari Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (Aprindo). Kiat sukses juga dibagi oleh perwakilan dari Go-Jek dan sejumlah penerima pendanaan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi. Di sesi terakhir, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memaparkan langkah-langkah Pemkot Surabaya dalam inovasi di Kota Pahlawan ini.


Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (1) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)