Breaking News

PP-IPTEK Mengirim Perwakilan Indonesia Dalam Ajang Internasional Water Rocket Event 2017


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengirimkan perwakilan Indonesia dalam ajang Internasional Water Rocket Event 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 11 - 12 November 2017 oleh JAXA Space Education Center serta  ISRO, bertempat  di Kendriya Vidalaya, NAL, Campus, near Jeevan Bima Nagar Bus Terminal, Bengaluru 560017, India.


APRSAF-24 International Water Rocket Competition merupakan Kompetisi Internasional Roket Air di kawasan Asia Pasifik Regional Space Agency Forum (APRSAF) bagi pelajar usia 11 - 16 tahun serta pertukaran informasi dan pengetahuan tentang kegiatan  ruang angkasa bagi para guru/pendamping/pemerhati dari masing-masing negara. Untuk Tahun 2017 kegiatan APRSAF diikuti oleh 11 Negara, 53 Siswa, 17 Guru, dan 22 Observer. Perwakilan negara yang mengikuti kompetisi tahun ini, yaitu Indonesia, Bangladesh, Jepang, Thailand, Sri Langka, Kamboja, India, Nepal, Malaysia, Vietnam, Philiphina, serta 1 negara tamu Colombia.

Kegiatan APRSAF-21 International Water Rocket Event ini dibagi dalam dua kegiatan, yaitu Workshop Pembuatan Water Rocket serta Kompetisi Peluncuran Roket Air oleh Siswa. Sedangkan kegiatan workshop untuk guru/leader/observer di ruangan berbeda namun pada waktu yang bersamaan.




Presentasi guru dari masing-masing negara peserta tentang kegiatan pemasyarakatan ilmu kedirgantaraan, diikuti oleh para Leader/Guru/Observer. Seluruh guru perwakilan dari masing-masing negara mempresentasikan mengenai perkembangan Roket Air di negaranya dan model pengembangannya atau kegiatan kedirgantaraan yang dilakukan untuk para siswa dan masyarakat. Tim Indonesia dalam presentasi diwakili oleh Mahfud Awaludin Yusuf, staf PP-IPTEK berbicara tentang kegiatan Roket Air di PP-IPTEK.

Upacara pembukaan dilakukan oleh Dr. Senthil Kumar serta Dr. Nozomu Sakuraba Ketua JAXA didampingi Dr. Guru Prasad, yang intinya dalam pembukaan mengatakan bahwa yang datang kesini tidak semata-mata hanya untuk mengikuti perlombaan yang lebih dari itu kita nantinya dapat membangun jaringan dari berbagai negara dan juga dapat mengenal berbagai keunikan dan keindahan  budaya dari masing-masing negara yang turut hadir. 

Setelah kegiatan seremonial pembukaan acara dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing negara oleh para siswa dari 11 negara peserta dan 1 negara tamu, Tim Indonesia mendapatkan giliran urutan kelima, tim Indonesia perkenalan menggunakan power point yang sudah disiapkan tentang masing-masing siswa dan menceritakan keberagaman bangsa Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai ketentuan teknis kompetisi dan bahan-bahan yang digunakan pada saat kompetisi. Kegiatan berikutnya adalah Bengaluru Cultural Tour kebeberapa tempat, diantaranya ke Vidhana Soudha, Lalbagh Botanical Gardens dan terakhir ke Jawaharlal Nehru Planetarium.

Peserta tim Indonesia merupakan para pemenang kompetisi Roket Air Tingkat Nasional 2017 yang diselenggarakan di Komplek PUSPIPTEK Serpong. Pada Ajang APRSAF-24 tahun ini pemenang didasarkan pada jarak terendah dari target, urutan pemenang berdasarkan score yang diperoleh, yaitu:
1. Sri Langka 0,40 m
2. Vietnam 0.79 m
3. Malaysia 087 m
4. Indonesia 1,69 m (Ihsanul Ismatullah)
5. Philipina 1.73 m
6. Indonesia 2,39 m (Dimas Satrio)
7. Indonesia 2,52m (Ivan Jatyo)

Sayang tahun ini Indonesia tidak masuk 3 besar seperti tahun lalu, namun cukup membanggakan 3 orang perwakilan Indonesia masuk 10 besar dalam ajang tingkat internasional. Semoga tahun depan dapat lebih baik lagi.

Sampai jumpa di kompetisi berikutnya!





Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (1) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (2) Kerjasama Nasional (18) Kompetisi (10) Kompetisi Roket Air (11) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (1) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (5) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (18) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (1) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (2) Workshop (12) Workshop Guru (2)