Breaking News

Workshop Perkembangan Teknologi di PP-IPTEK dibawakan oleh Profesor Yusaku Fujii


Dalam rangka meningkatkan kualitas sebagai pusat pembelajaran sains dan teknologi, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merasa perlu terus memperluas wawasan SDM-nya terkait dengan perkembangan sains dan teknologi saat ini.
                                       

                                                   
Sehubungan dengan hal itu, bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), PP-IPTEK mengundang Profesor Yusaku Fujii dari Universitas Gunma, Jepang, yang kebetulan sedang berkunjung ke Indonesia untuk sedikit berbagi ilmu serta penelitian-penelitian yang telah beliau kerjakan terkait dengan space science.

Kunjungan Profesor Fujii dilakukan pada hari Senin, tanggal 12 Februari 2018 dan dihadiri oleh 20 peserta yang sebagian besar terdiri dari staf PP-IPTEK. Pertemuan ini menitikberatkan pada bahasan mengenai pengukuran massa di ruang angkasa yang biasanya dilakukan oleh para astronot. Sebelum-sebelumnya, pengukuran massa dilakukan dengan menggunakan device yang berat dan memakan cukup banyak tempat. Profesor Fujii ingin mengatasi masalah ini dengan membuat device yang lebih fleksibel dan mudah dibawa.





Selain penelitian yang dilakukan untuk keperluan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Profesor Fujii juga membagi idenya untuk membuat jaringan kamera pada setiap lampu jalan di masa depan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan, khususnya penculikan anak. Sistem jaringan ini juga dapat membantu jika terdapat kasus orang hilang.


PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran iptek bagi masyarakat luas, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara. (SW/Humas PP-IPTEK)

Tidak ada komentar