Breaking News

PP-IPTEK Akan Terapkan Tanam Hidroponik Berbasis IT


Direktur Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) M. Syachrial Annas melakukan kunjungan ke pusat pelatihan hidroponik di Bogor pada Kamis 15 Februari 2018.

Kunjungan ini guna memantapkan persiapan penerapan hidroponik di Gedung PP-IPTEK yang menjadi wahana iptek yang berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya masyarakat yang inovatif dalam penguasaan iptek.
Direktur PP-IPTEK tertarik untuk menerapkan hidroponik berbasis IT. Pasalnya, sistem ini lebih modern dan ramah lingkungan, memiliki banyak keuntungan seperti mengatasi permasalahan tak tersedianya lahan atau tanah untuk media tanam. Selain itu, sistem ini meminimalisir masalah penyakit pada tanaman yang umum terjadi di tanah.
“Keuntungannya cukup banyak, kemungkinan suplai dan penanaman tanaman yang berkelanjutan. Mendapatkan hasil yang lebih banyak dengan luas area penanaman yang sama,” paparnya.
Kekurangannya lebih sedikit diantaranya modal awal yang lumayan besar, yakni penyediaan alat dan perlengkapan, media, serta nutrisi. Selain itu, perlu perawatan dan perhatian yang lebih ekstra.
“Kami akan mencoba menerapkannya di PP-IPTEK dengan mulai menanam tomat, cabe, dan sayur-mayur. Hal ini diharapkan dapat dipanen pada saat HUT PP-IPTEK ke-27 sekaligus menandai dengan pembukaan Indonesia Science Day tanggal 20 hingga 22 April 2018 di PP-IPTEK,” tuturnya.
(YN/Humas PP-IPTEK) 

Tidak ada komentar