Breaking News

PP-IPTEK Gelar Kompetisi Bergengsi “Roket Air” Wilayah Jadebotabek, Serang, dan Cilegon


Sudah sejak kemarin Sabtu, 25 Agustus 2018, Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menggelar Kompetisi Roket Air untuk pelajar  khusus wilayah  Jadebotabek, Serang dan Cilegon yang berusia 12-16 tahun. Kompetisi Roket Air Regional Jadebotabek, Serang dan Cilegon diselenggarakan PP-IPTEK selama 2 hari dan berakhir hari ini tanggal 26 Agustus 2018.


Kompetisi Roket Air merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK setiap tahunnya. Direktur PP-IPTEK, Syachrial Annas mengatakan jumlah peserta Kompetisi Roket Air tahun ini jumlahnya meningkat dari tahun lalu, dari 350 peserta bertambah menjadi  439 peserta yang berasal dari 97 sekolah. Kompetisi seperti ini sangat bermanfaat bagi adik-adik agar dapat membayangkan bahwa sains atau penguasaan sains penting untuk diketahui untuk kemajuan di masa depan, sambung Syachrial Annas.

Kompetisi roket air merupakan ajang adu keterampilan bagi pelajar di bidang teknologi antariksa, dimana roket air digunakan sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dengan Hukum Newton. Roket air itu sendiri terbuat dari bahan botol plastik berkaborasi dengan jumlah minimal sebanyak 2 (dua) buah botol yang akan dirakit menjadi satu bagian badan (body) roket air. Body roket air dilengkapi dengan sirip roket yang terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik. Desain sirip roket bentuknya pun bisa bermacam-macam tergantung dari kreativitas para peserta.

Pada hari pertama, para peserta diajak untuk  membuat roket air dengan bahan-bahan yang telah disediakan oleh PP-IPTEK, seperti botol soda, infraboard, isolasi, gunting, cutter, plastisin dan double tape. Peserta membuat 2 buah roket yang akan digunakan oleh mereka pada saat kompetisi peluncuran. Peuncuran roket air dilakukan sebanyak 2 kali. Peluncuran pertama dilakukan pada hari pertama, yakni tanggal 25 Agustus 2018 dan peluncuran sesi kedua dilakukan peserta keesokan harinya.


Pada kompetisi yang berlangsung selama 2 hari ini, peserta harus mengikuti sederet rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pelatihan membuat roket air, membuat roket air kompetisi dan mengikuti peluncuran sebanyak 2 kali. Tanpa mengikuti rangkaian tersebut atau salah satunya, peserta dianggap bukan sebagai peserta kompetisi, tutur Feti Anita selaku Koordinator penyelenggara kompetisi. Feti Anita juga menyampaikan dalam kompetisi ini peserta diperkenankan untuk berkreasi membuat sirip roket mereka sendiri.

Kompetisi peluncuran roket air dilakukan di lapangan parkir selatan PP-IPTEK. Sebanyak 6 peluncur disiapkan oleh PP-IPTEK untuk menampung sebanyak 439 pasang roket. Roket Air diluncurkan ke arah target yang berdiameter 10 m dengan jarak 50 meter dari titik luncur ke titik pusat target. Namun sebelumnya roket perlu diisi air dan tekanan yang besaran volumenya didapat dari hasil perhitungan masing-masing peserta. Beberapa variabel seperti volume air, besar tekanan, jarak luncur, sudut roket dan berat roket menjadi komponen perhitungan dalam menentukan titik jatuh roket. Nilai yang dihitung adalah jarak terdekat jatuhnya roket dengan titik pusat.



Roket dengan jarak terdekat ke titik pusat target diperoleh oleh peserta atas nama Fira Alzena dari SMP Al Muslim, Bekasi yang menempati Juara 1 Kompetisi Roket Air Regional Jadebotabek, Serang dan Cilegon. Disusul Juara 2, Juara 3, Juara Harapan 1-3 diperoleh oleh Annas Tasyadari SMPN 73 Jakarta, Rafi Akbar dari SMAN 46 Jakarta, Laurencia Yulianto dari SMA Pax Patriae, Bekasi, Maximus Uzia dari SMA Tunas Agung, Tangerang, dan M. Hilmi dari SMAN 59 Jakarta.

Seluruh pemenang kompetisi akan bertanding kembali pada ajang Kompetisi Roket Air Nasional bersama dengan delegasi pemenang kompetisi roket air dari wilayah lainnya di Indonesia yang akan diselenggarakan oleh PP-IPTEK  pada tanggal 28 September – 1 Oktober 2018. Pemenang Kompetisi Roket Air Nasional kemudian berkesempatan untuk menjadi delegasi Indonesia dalam ajang International Water Rocket Competiton yang akan diselenggarakan oleh JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) pada bulan November 2018 di Singapura.

Selamat untuk para pemenang Kompetisi Roket Air Regional Jadebotabek, Serang dan Cilegon. Sampai jumpa kembali pada ajang Kompetisi Roket Air Nasional 2018. (Humas PP-IPTEK)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)