Breaking News

Penyelenggaraan RAKORNAS Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) ke-V


Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Asosiasi Science Center Indonesia (ASCI) ke-V dalam rangka menindaklanjuti program kerja tahunan ASCI. Kegiatan RAKORNAS ASCI ke-V diadakan pada tanggal 21 – 23 November 2018 di Gedung D Kemenristekdikti dan PP-IPTEK, TMII.






RAKORNAS ASCI ke-V mengambil tema “Pembudayaan Iptek kepada Generasi Muda dalam Menyongsong Revolusi Industri 4,0.” yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A., didampingi Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenristekdikti Ari Hendrarto Saleh, M.Si, serta Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas. 


Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A menyatakan dalam sambutannya, dengan adanya Rakormas ASCI ini semoga kiprah Science Center ke depannya dapat meningkat lagi, mensosialisasikan dan juga membudayakan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi ke seluruh masyarakat. Revolusi Industri mengubah budaya masyarakat, dahulu hanya orang tertentu yang memperoleh pendidikan tinggi, dengan adanya industri maka kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi menjadi milik kalangan yang lebih luas karena semakin dibutuhkannya tenaga-tenaga ahli dalam industri. Pengembangan Science Center perlu mempunyai link yang kuat dengan pusat-pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasi seperti perguruan tinggi, lembaga penelitian, hingga lembaga pengembangan dan penerapan teknologi seperti Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) dan sebagainya. Perlu juga komunikasi yang erat dengan pengambil kebijakan, baik pemerintah pusat maupun daerah.

Direktur PP-IPTEK, M. Syachrial Annas menyampaikan laporan penyelenggaraan RAKORNAS ASCI ke-V, bahwa penyelenggaraan ASCI kali ini diikuti oleh 68 peserta dari 19 Science Center. RAKORNAS ASCI ke-V ini mengangkat tema “Pembudayaan Iptek kepada Generasi Muda dalam Menyongsong Revolusi Industri 4,0”. Pertemuan ASCI ini memiliki tujuan untuk peningkatan pengembangan kerjasama para science center ke depannya. Oleh karena itu, RAKORNAS ASCI tahun ini melibatkan unsur-unsur akademisi, bisnis, dan government (ABG) agar seluruh unsur peduli dengan keberadaan Science Center.

Asosiasi Science Center Indonesia atau sering disebut ASCI merupakan organisasi yang menaungi Science Center yang berada di wilayah Indonesia. Pengertian Science Center itu sendiri adalah wahana pembelajaran iptek non formal untuk semua usia yang berperan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang iptek.


Tujuan pembentukan ASCI sebagai wadah untuk menjalin kerjasama dan komunikasi antar Science Center masing-masing daerah. Selain itu, ASCI bertujuan untuk membantu dalam perintisan dan pembangunan Science Center, serta mengembangkan networking dengan berbagai stakeholders baik dalam maupun luar negeri untuk memajukan Science Center di Indonesia.


ASCI dibentuk pada tanggal 29 Agustus 2013 pada acara Deklarasi ASCI di PP-IPTEK, Jakarta. Sampai saat ini sudah ada 23 Science Center di Indonesia, yaitu PP-IPTEK Jakarta, Taman Pintar Yogyakarta, Puspa Iptek Sundial Kotabaru Parahyangan Bandung, Graha Teknologi Sriwijaya Palembang, Solo Science Center, Pusat Iptek dan Bahasa Pontianak, Jateng Science Center Semarang, Sabak Science Center Tanjung Jabung Timur, Bappeda Jepara, Jatim Park Science Center Malang, Iptek Center Sawahlunto, Balitbang Provinsi Kalimantan Selatan, Balitbang Provinsi Sulawesi Tenggara, Balitbang Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Belitung Timur, Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Lampung, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Gianyar – Bali, Museum Mpu Tantular Surabaya, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Bappeda Kota Parepare, Balitbang Kota Samarinda, dan Mutiara Bangsa Science Center Indramayu. Pada akhir tahun 2018 ini akan diresmikan 2 Science Center Daerah (SCD) di Provinsi Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam sebuah Science Center dari Direktorat Jenderal PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dibawakan oleh Direktur Pembinaan PAUD, Dr. Muhammad Hasbi yang diwakilkan Ibu Purniati Restuningsih sebagai Kepala Sub. Div. Kurikululum PAUD, Kemendikbud.

Dalam paparan materi disampaikan pengembangan dan kurikulum PAUD berdasarkan pada Permendikbud 146 yang diharapkan pada tahun 2030 seluruh anak baik laki-laki maupun perempuan memperoleh akses perkembangan, perawatan, dan pendidikan pra sekolah dasar  yang bermutu untuk memastikan kesiapan memasuki pendidikan dasar minimal 1 tahun. PAUD adalah langkah awal memulai proses perkembangan dalam membentuk sikap dan karakter anak. Pembelajaran anak PAUD dilakukan dengan bermain sebagai cara belajar anak. Saat bermain, telah terjadi stimulasi yang menyatukan keseluruhan aspek perkembangan, anak bebas untuk mengekspresikan diri menurut penafsiran dirinya tanpa takut dinilai.

Setelah Workshop, para peserta RAKORNAS ASCI melakukan kunjungan ke PT Dankos Farma, Tbk yang berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur. PT Dankos Farma, Tbk merupakan perusahaan manufaktur farmasi yang tergabung dalam Kalbe Farma Group. Kegiatan dilanjutkan dengan overview tentang objek yang akan dikunjungi yang meliputi 2 area, yaitu NBL Injection dan Kalbe Learning Center. Setelah kunjungan selesai, dilanjutkan diskusi singkat, tentang kerjasama PT Dankos Farma, Tbk dengan Science Center ke depannya.

Hari kedua RAKORNAS ASCI ke-V didahului dengan workshop dari Universitas Bina Nusantara yang membahas tentang “Revolusi Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0” dibawakan oleh Dr. Elidjen, S.Kom., MinfoCommTech. Dalam materinya dijelaskan untuk meningkatkan kualitas terutama dalam bidang pendidikan/teknologi, diperlukan kolaborasi antar negara yang bertujuan saling mengambil manfaat positif dari ilmu/teknologi dari masing-masing negara. Oleh karena itu, kita harus bahu membahu antara Kemenristekdikti, Science Center, dan Universitas untuk memajukan pendidikan/teknologi di Indonesia dengan fokus pada solusi yang bisa dilakukan di tempat masing-masing dan tidak berkutat pada masalah, karena menyelesaikan masalah juga tidak semudah membalikan telapak tangan, dengan solusi yang dilakukan intinya ada progress/kemajuan yang bisa kita dapatkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan workshop tentang “Artificial Intelligence dan Cloud Computing dalam sebuah Industri” yang dibawakan oleh Naveen Nandan dari Solution Architect ASEAN PT. Amazon Web Service Indonesia. Narasumber workshop ini merupakan orang Singapura sehingga workshop dilakukan dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Narasumber menyampaikan materi dengan Bahasa Inggris dan moderator Ibu Anne Yurico menerjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Amazon memiliki produk yang dinamakan cloud computingCloud computing adalah pengiriman atau penyediaan berdasarkan permintaan, daya komputasi, penyimpanan database, aplikasi, dan sumber daya IT lain melalui platform layanan cloud via internet dengan harga sesuai penggunaan. Untuk masalah keamanan/data security, sudah ada perjanjian antara Amazon dengan customer bahwa Amazon tidak akan menyentuh data milik customer karena ketika login hanya customer yang tahu password-nya. Keamanan data juga bisa dilakukan dengan encryption dan Amazon juga sudah certified di banyak ISO Security. Sedangkan apabila server down, Amazon memiliki banyak server/data center di World Wide, yang terdekat dengan Indonesia, yaitu Singapura, yang memiliki 3 World Wide. Jadi ketika ada yang down, server ini akan saling meng-cover, jadi bisa dipastikan akan aman.

Salah satu yang dikembangkan oleh Amazon saat ini, yaitu Amazon Rekognition, Amazon bekerjasama dengan World Wide Fund (WWF) memantau hutan Indonesia, khususnya untuk mendata berapa jumlah harimau yang ada di Indonesia. Amazon Rekognition selalu mempelajari data baru, dan secara berkelanjutan menambah label baru dan fitur pengenalan fasial pada produk ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan RAKORNAS ASCI ke-V yang merupakan kelanjutan dari Kongres ASCI tahun sebelumnya yang diselenggarakan di Taman Pintar Yogyakarta dengan hasil rapat kerja di antaranya melakukan pendampingan teknis dalam kegiatan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) yang perwakilannya akan melaju ke Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN).

Pada RAKORNAS ASCI tahun ini membicarakan tentang Perkembangan dan Permasalahan Science Center di Daerah, Evaluasi Program Kerja ASCI Tahun 2018, Pembahasan Perkembangan AD/ART ASCI, dan Penentuan penyelenggara Rakornas ASCI Ke-6.

Science Center memberikan edukasi dengan mencoba dan merasakan berbagai alat peraga interaktif hands on dan minds on, siapa pun dari segala usia dan latar belakang dapat mencoba pengalaman sains yang menakjubkan.


Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)