Breaking News

PERESMIAN SCIENCE CENTER PROVINSI SUMATER BARAT


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Balitbang Sumatera Barat dalam menyelenggarakan Peresmian Pusat Peragaan Iptek (Puspa Iptek) di Provinsi Sumatera Barat pada 27 - 29 November  2018 oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Bapak Iwan Prayitno, didampingi Direktur PP-IPTEK Bapak M. Syachrial Annas, Kepala Balitbang Prov. Sumbar Ibu Reti Wafda, serta Kepala Museum Adityawarman Bapak Adi Saputra. 



Puspa Iptek Prov. Sumbar merupakan science center ke-24 yang didirikan di Indonesia. Puspa Iptek ini dinamakan Science and Technology Center yang berlokasi di Museum Adityawarman Kota Padang. Inisiasi dan pengembangan science center ini, telah dilakukan sejak awal 2017 melalui Balitbang Prov. Sumbar. Pada tanggal 18 Desember 2017, Gubernur Sumbar beserta rombongan melakukan kunjungan ke PP-IPTEK untuk melihat langsung bagaimana alat peraga dan program yang dijalankan suatu science center. 

Dalam Laporan Kemenristekdikti yang dibawakan oleh Direktur PP-IPTEK, Bapak M. Syachrial Annas menyebutkan berbagai tahapan telah dilakukan bersama mulai dari tahap koordinasi, sosialisasi kepada masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Prov. Sumbar, pengajuan proposal dari beberapa Kabupaten/Kota, penilaian proposal oleh tim penilai yang telah ditunjuk, hingga akhirnya terpilih dan diresmikannya science center di Prov. Sumbar pada tanggal 27 November 2018.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Prov. Sumbar, Bapak Iwan Prayitno mengungkapkan peresmian Pusat Peraga Iptek selaras dengan harapan pemerintah daerah untuk memperbanyak kunjungan wisatawan ke Sumbar. Sekarang ada tempat untuk anak-anak dan keluarga belajar dan melihat Iptek. Tempat ini tidak hanya menjadi sumber ilmu, tetapi juga tempat wisata bagi keluarga. Gubernur Sumbar berharap Pusat Peraga Iptek dapat menjadi tempat berekspresi, berkreasi, sekaligus menumbuhkembangkan iptek.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian & Pengembangan (Balitbang) Sumbar, Ibu Reti Wafda dalam sambutannya mengatakan pendirian Pusat Peraga Iptek Prov. Sumbar bertujuan untuk mengenalkan iptek dengan cara yang mudah dan menyenangkan, serta mengajak para pelajar untuk mengembangkan wawasan ilmu pengetahuannya melalui kegiatan iptek hands on interaktif. Harapannya Ibu Reti, Pusat Peraga Iptek dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya Pusat Peraga Iptek sebagai sarana pembelajaran luar sekolah.

Rangkaian acara peresmian yang diadakan oleh Balitbang Prov. Sumbar berlangsung pada 27-29 November 2018 mengangkat tema Melalui Pusat Peraga Iptek Kita Dorong Peningkatan Pemahaman Siswa dan Lahirnya Siswa Inovatif di Sumbar.

Peresmian Science and Technology Center Provinsi Sumatera Barat ini ditandai dengan pemotongan pita, dilanjutkan meninjau 6 alat peraga hibah oleh Gubernur Sumbar beserta rombongan untuk mencoba langsung alat peraga yang dihibahkan dari PP-IPTEK, Kemenristekdikti, serta beberapa alat peraga pendamping dan demonstrasi sains yang disajikan oleh pemandu PP-IPTEK.

Dalam pendirian Pusat Peragaan Iptek ini, Kemenristekdikti memberikan hibah enam alat-alat peraga Iptek yang interaktif sebagai stimulan bagi Prov. Sumbar dalam mengembangkan science center ke depannya. Alat-alat peraga tersebut, yakni Labirin Cermin, Katrol, Gyroektreme, Generator Van De Graf, Baterai Tangan, dan Film kartun.

Setelah berkeliling Science and Technology Center, Gubernur Sumbar beserta rombongan menuju Lapangan Museum Adityawarman untuk membuka Peragaan Iptek sekaligus Workshop Roket Air yang ditandai dengan push button peluncuran Rocket Powder, dilanjutkan dengan menyaksikan uji luncur perwakilan peserta Workshop Roket Air Siswa SMA yang sebelumnya telah melakukan pembuatan roket air di Kantor Pusat Kebudayaan Sumbar.



Kegiatan Workshop Roket Air untuk siswa SMA diikuti oleh 117 orang siswa dari 6 sekolah yang berada di wilayah Padang dan sekitarnya. Workshop ini dilaksanakan di Kantor Pusat Kebudayaan Sumbar. Peserta yang telah hadir melakukan registrasi untuk selanjutnya menyimak pembekalan materi terkait pengetahuan tentang keroketan serta cara pembuatan roket dengan berbahan dasar botol pet bekas minuman bersoda, di mana pada sesi pertama merupakan sesi materi untuk mengulas serba-serbi roket air, kemudian sesi selanjutnya adalah sesi pembuatan roket air, dan sesi terakhir yaitu sesi uji peluncuran roket air.

Materi workshop disampaikan secara jelas dan menarik sehingga siswa yang hadir senang untuk mempelajari pelajaran fisika.  Dalam workshop ini, siswa diajarkan untuk membuat roket air dengan menggunakan peralatan-peralatan yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar mereka, seperti botol minuman bersoda. Melalui workshop ini pula siswa belajar mengenai variabel-variabel yang dapat mempengaruhi kestabilan terbang sebuah roket, seperti bentuk dan jumlah sayap yang digunakan, serta variabel yang menentukan ketepatan roket dalam mencapai target yang ingin dicapat seperti sudut elevasi, volume air serta tekanan yang diberikan. Agar lebih memahami materi tentang konsep roket air, penyampaian materi juga disertai dengan demonstrasi sains yang berkaitan dengan konsep aerodinamis, yang merupakan aspek penting agar roket air yang dibuat para peserta dapat mengudara secara stabil. Selanjutnya peserta membuat roket air dari botol dimana masing-masing peserta membuat satu roket yang akan diluncurkan setelah sesi pembuatan roket air selesai.

Tepat pukul 11.00, sesi peluncuran dilakukan di Lapangan Museum Adityawarman. Tiga peserta Workshop Roket Air melakukan peluncuran roket air disaksikan oleh Gubernur Sumbar, Direktur PP-IPTEK, Kepala Balitbang Sumbar, Kepala Museum Adityawarman beserta rombongan. Setelah peluncuran ketiga peserta tersebut, Gubernur Sumbar beserta rombongan meninggalkan Lapangan Adityawarman.

Peluncuran Roket Air dilanjutkan sampai peserta terakhir. Teriknya panas matahari tidak menyurutkan panitia dan peserta untuk meluncurkan roket airnya hingga mencapai target yang telah ditentukan panitia. Hampir banyak roket yang diluncurkan mendekati sasaran, hal ini menunjukkan para siswa SMA di Provinsi Sumbar cukup teliti dalam menentukan sudut dan tekanan yang digunakan.



Pengunjung galeri Pameran Peragaan Iptek selain bisa menikmati kunjungan ke berbagai alat peraga sains interaktif hands on, minds on, dan hearts on juga dapat menyaksikan demonstrasi sains yang ditampilkan setiap satu jam sekali selama galeri Pameran Peragaan Iptek buka. Antusias pengunjung yang melihat Demonstrasi Sains cukup besar sehingga terkadang berebutan untuk bisa ikut serta menjadi peserta Demonstrasi Sains.  Pemandu lokal yang telah melakukan beberapa percobaan sebelum pameran, dapat membawakan sendiri Demonstrasi Sains yang disajikan yang awalnya didampingi pemandu PP-IPTEK. Setelah percobaan Demonstrasi Sains satu kali, pemandu lokal sudah bisa menguasai materi Demonstrasi Sains sehingga dapat menyajikannya sendiri.







Pada hari kedua merupakan workshop sains yang dibawakan oleh Dr. Hendra Suryanto ini dilaksanakan di Aula Museum Adityawarman yang diikuti oleh 113 orang guru dari 19 sekolah yang berada di kota Padang dan sekitarnya. Workshop Sains Guru ini mengangkat tema “Pembelajaran Terpadu Melalui Program Sains, Teknologi, Enginering, Art, & Matematika (STEAM)”. Workshop ini sangat menarik minat guru-guru MIPA yang hadir, terbukti dari antusias yang ditunjukan oleh guru-guru pada saat mengikuti workshop. Rasa keingintahuan dari para peserta serta pengalaman yang berbeda yang dihadirkan oleh workshop ini membuat workshop ini berjalan dengan baik. Narasumber yang memberikan pengalamannya tentang kegiatan pembelajaran yang bermakna di sekolah ditambah dengan berbagai percobaan sains yang sederhana, interaktif namun mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari


Selain itu, workshop ini juga diselingi dengan Demonstrasi Sains yang menarik dan menantang rasa keingintahuan para peserta. Demonstrasi Sains serta percobaan-percobaan yang dilakukan pada workshop ini mempergunakan alat dan bahan-bahan yang sederhana, mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya Pesawat Sederhana, Tegangan Permukaan Air, Pembentukan Awan, Bernouli dalam Drawn. Pada akhir workshop, peserta diajarkan cara memahami cara kerja mesin mobil dan motor dengan menggunakan percobaan yang disebut "pipa dan pemantik".






Pada hari terakhir, terdapat Workshop Guru Paud, TK, dan SD diisi dengan Demonstrasi Sains dan penyajian video Profil PP-IPTEK untuk memperkenalkan kepada para peserta apa itu PP-IPTEK dan program-program apa saja yang ada di PP-IPTEK oleh Putu Lia Suryaningsih sebagai Kepala Divisi Program dan Pendidikan (Prodik) PP-IPTEK. Selain itu, tim PP-IPTEK menyajikan Demonstrasi Sains yang menarik dan menantang rasa keingintahuan para peserta dan beberapa percobaan yang mudah dilakukan untuk anak PAUD, TK, ataupun SD seperti Menebak Tanggal Lahir, Menebak Warna, dan sebagainya.







Museum Adityawarman merupakan tempat wisata, sekaligus adanya Peresmian Puspa Iptek Provinsi Sumatera Barat yang diresmikan oleh Gubernur Sumbar menjadi pendorong banyaknya masyarakat umum dan siswa dari berbagai sekolah di Padang dan sekitarnya yang berkunjung ke lokasi Pameran Peragaan Iptek yang disajikan selama 3 hari.



Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)