Breaking News

PP-IPTEK RESMIKAN PUSPA IPTEK KE-25 DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Bappeda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Peresmian Pusat Peragaan Iptek (Puspa Iptek) di Provinsi NTB pada 6 Desember 2018. Puspa Iptek Prov. NTB merupakan science center ke-25 di Indonesia, setelah bulan November 2018 diresmikan science center di Sumatera Barat.






Dalam rangka peresmian Puspa Iptek NTB, PP-IPTEK mengadakan kegiatan Peragaan Iptek dan Science Show yang diadakan dari tanggal 5 – 8 Desember 2018. PP-IPTEK membawa 20 alat peraga interaktif yang dipamerkan selama kegiatan. Selain itu, PP-IPTEK juga menyelenggarakan pelatihan Roket Air bagi siswa berusia 12-16 tahun pada 8 Desember 2018. Pada Workshop tersebut, para siswa mempelajari cara membuat roket air yang merupakan penerapan dari iptek kedirgantaraan serta prinsip-prinsip IPA yang diajarkan di sekolah.

Direktur PP-IPTEK,  M. Syachrial Annas mengatakan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) memberi arahan agar setidaknya ada minimal satu science center di tiap-tiap provinsi sehingga pengetahuan dan informasi iptek dapat dikenal dan tersebar ke lapisan masyarakat di seluruh Indonesia bahkan tempat yang terpencil sekalipun serta membudaya di kehidupan masyarakat.




Direktur PP-IPTEK mengungkapkan inisiasi dan pengembangan science center di Provinsi NTB telah dilakukan sejak awal tahun 2017 dengan Bappeda NTB. Berbagai tahapan telah dilakukan bersama mulai dari tahap koordinasi, sosialisasi kepada masing-masing kabupaten/kota yang ada di Prov. NTB dan pengajuan proposal dari beberapa kab/kota.

"Penilaian proposal oleh tim penilai yang telah kami tunjuk hingga akhirnya terpilih dan diresmikannya lah science center di provinsi NTB pada hari ini di tahun 2018," ungkapnya.






Dalam kesempatan tersebut, PP-IPTEK menyampaikan hibah dari Kemenristekdikti berupa 15 alat peraga iptek interaktif sebagai stimulan bagi Provinsi NTB dalam mengembangkan science center ke depannya.

Wakil Gubernur Prov. NTB, Sitti Rohmi Djalilah menyampaikan rasa syukur karena NTB mendapatkan sumbangan alat peraga iptek karena sangat penting bagi anak-anak untuk mempelajari iptek. Anak-anak sekarang lebih banyak belajar dengan cara menghafal. Ia berharap selain menghafal juga paham real-nya seperti apa.



Alat peraga ini, lanjutnya, akan diletakkan di Science Techno Park (STP) yang keinginannya bagaimana menyatukan akademisi, pemerintah dan dunia usaha untuk melahirkan enterpreneur-enterpreneur baru. Dengan teknologi-teknologi ini apa yang bisa dimanfaatkan untuk industri dan sebagainya.





Kegiatan Workshop Roket Air diikuti oleh 82 orang siswa dari 17 sekolah di Kabupaten Lombok dengan 6 orang guru pandamping yang ikut terlibat. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang keilmuan roket khususnya dilihat dari ilmu fisikanya, menyesuaikan dengan peserta kegiatan yang adalah siswa SMP. Setelah diberikan pembekalan materi, siswa dibagi kelompok, 1 kelompok terdiri dari 2 orang untuk membuat roket air dengan menggunakan 2 buah botol pet bekas minuman bersoda. Siswa diajarkan step by step cara membuat badan roket dari botol-botol tersebut, membuat sayap hingga menghitung massa roket sehingga nantinya roket menjadi seimbang dan dapat meluncur dengan baik.

Setelah melakukan pembuatan roket, siswa diajak menuju ke lapangan untuk melakukan peluncuran. Sebelum dilakukan peluncuran, siswa diinformasikan berapa jumlah air yang digunakan dan diajarkan cara mengisi air nya dan diinformasikan berapa tekanan yang diberikan pada roket serta berapa sudut elevasi yang digunakan. Sudut elevasi antara roket dengan launcher menjadi penentu apakah roket yang diluncurkan akan mengenai sasaran yang telah ditentukan dan meluncur sempurna.

Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena merupakan pengalaman pertama bagi mereka mengikuti kegiatan workshop roket air dan peluncuran roket air.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)