Breaking News

PUSAT PERAGAAN IPTEK KINI HADIR DI BANGGAI


Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) bekerja sama dengan Bappelitbangda Kab. Banggai, Sulawesi Tengah meresmikan Pusat Peragaan Iptek Kab. Banggai di Alun-Alun Luwuk dan Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Banggai pada tanggal 12 November 2019.

                          



Pusat Peragaan Iptek atau disebut juga Puspa Iptek dirancang sebagai wahana pembudayaan Iptek sejak dini melalui pendidikan non formal untuk membangkitkan gairah, pemahaman, serta memotivasi pemuda/pelajar untuk lebih kreatif melalui peragaan interaktif. Dengan demikian Puspa Iptek berperan aktif dalam menciptakan “SDM Unggul”.
Peresmian ditandai dengan penekanan tombol peluncuran rocket powder yang dilakukan oleh Bupati Kab. Banggai Herwin Yatim, Kepala Bappelitbangda Ramli Tongko, dan Direktur PP-IPTEK M. Syachrial Annas, disaksikan oleh tamu undangan, kepala sekolah, dan siswa-siswi dari sekolah-sekolah di Banggai dan sekitarnya.

Hanya satu yang di luar ibu Kota Provinsi, yaitu Kabupaten Banggai, Luwuk, Sulawesi Tengah. Tahun ini kata beliau ada 3 program, satu di Riau, satu di Nusa Tenggara Timur, dan satu di Sulawesi Tengah khususnya di Kab. Banggai. Oleh karena itu, itu penyampaian saya sebelum saya resmikan Science Center ataupun Taman Teknologi di daerah Kab. Banggai daerah yang ditunjuk oleh pemerintah pusat di luar daripada kebiasaan karena hanya Banggai di luar daripada provinsi-provinsi yang ada yang telah dicanangkan Taman Teknologi ini,” sambutan Bupati Kab. Banggai Herwin Yatim.
                         
Direktur PP-IPTEK, M. Syachrial Annas mengatakan dalam sambutannya, “Saya melihat semangat bapak dan tim kepada kami itu luar biasa sehingga diharapkan ini bisa terus berkembang dan ada beberapa hal-hal yang memang bisa berkembang kalau ini dilakukan. Pertama, ditempatkan pada institusi yang benar-benar hanya bisa mengelola science center ada yang Disdik, ada yang Perpustakaan dan Arsip Daerah, bahkan ada yang berkembang di Dinas Pariwisata. Jadi silahkan ditunjuk, kalau pengalaman yang sudah kami lakukan yang berkembang itu adalah pengelola yang punya jiwa mendidik, tidak mesti di Disdik tapi punya jiwa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya kira juga perguruan tinggi, SMK, atau akademi yang memproduksi alat-alat peraga daripada rusak di kampus di bawa ke sini, itu jadi menginspirasi anak-anak sehingga produk-produk itu anak-anak bisa melihat dan bisa menginspirasi mereka ternyata membuat sesuatu seperti ini prosesnya dan sebagainya.
         Dalam program pendirian Puspa Iptek di daerah, Kemenristek/BRIN melalui PP-IPTEK menyampaikan bantuan alat peraga berupa hibah, sebanyak 13 buah alat peraga interaktif, yaitu alat peraga Menurun ke Atas, Katrol, Halilintar, Bola Listrik, Gyro Extreem, Tebak Tanggal Lahir, Harpa Tanpa Dawai, Menara Hanoi, Penjumlahan Segitiga, Cincin Bermusuhan, Film Kartun, Generator Van Dee Graft, dan Baterai Tangan. Melalui hibah alat peraga Iptek ini diharapkan dapat memicu pemerintah daerah dan stakeholder terkait untuk mengembangkan Puspa Iptek di Kab. Banggai.
         Puspa Iptek Kab. Banggai ini merupakan Puspa Iptek daerah ke-26 yang dikembangkan oleh Kemenristek/BRIN atas inisiasi daerah setempat, yang dimulai pada tahun 1991 di Jakarta, kemudian era tahun 2000 di Padalarang, Palembang, Yogyakarta, dan beberapa daerah lainnya. Peresmian Puspa Iptek ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang puncaknya telah dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2019 di Kota Denpasar, Bali.
   Bersamaan dengan kegiatan peresmian Puspa Iptek Kab. Banggai, PP-IPTEK juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan, yaitu Pameran Peragaan Iptek Interaktif, Mini Workshop, Science Corner, dan Science Show yang dapat disentuh dan dicoba oleh seluruh kalangan masyarakat dari anak usia dini hingga dewasa. Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 November 2019.



Peragaan Iptek interaktif merupakan sebuah kegiatan pameran alat-alat peraga yang bersifat mobile atau portable bertema sains dan teknologi yang dapat pengunjung coba secara langsung. PP-IPTEK juga menyajikan program sains Mini Workshop dimana pengunjung membuat hasil karya dengan memadukan sains dan seni seperti membuat Polygonal. Origami DNA, Roket Kertas, Stick Puppet, dan Aquarium Datar hasil karyanya dapat dibawa pulang oleh pengunjung.
Ada juga Science Show yang menampilkan fenomena-fenomena sains atraktif dengan melibatkan pengunjung sehingga menjadi sebuah kegiatan sains yang menarik dan interaktif dengan tema fire, kimia, tekanan, dan sebagainya. Selain itu, ada Science Corner yang menyajikan kegiatan sains dengan bahan-bahan sederhana yang memberikan tantangan kepada pengunjung untuk berpikir dengan sains seperti Kutu Kopter, Sate Balon, Koin Pemalas, Bola Berputar, dan Akrobatik Kertas.
Tak kalah menariknya peresmian Puspa Iptek juga dimeriahkan oleh Workshop Pembuatan Roket Air untuk siswa SD & SMP pada tanggal 13 November 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap Iptek, khususnya minat kalangan pelajar dan generasi muda terhadap bidang teknologi antariksa, dimana roket air digunakan sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dengan Hukum Newton. Peserta workshop ini terdiri dari 96 siswa SD & SMP, dimana 2 orang siswa berkolaborasi membuat 1 buah roket, serta roket yang dibuat tersebut diluncurkan di lapangan. Selain untuk siswa, diadakan juga Workshop Pembuatan Roket Air untuk guru pada tanggal 14 November 2019. Sebanyak 32 orang guru yang dikelompokkan menjadi 8 kelompok membuat roket air sebanyak 8 buah roket.
Kehadiran Puspa Iptek Kab. Banggai, diharapkan dapat membuka lebih luas wawasan dan pemahaman Iptek masyarakat di Kab. Banggai, khususnya pelajar dan memperkuat kapabilitas pendidik dalam menciptakan media pembelajaran Iptek di sekolah.

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)