Breaking News

PARTISIPASI PP-IPTEK DALAM THE 3RD FORUM FOR ASEAN COST PLUS THREE FOR THE GIFTED IN SCIENCE (ACGS)

Sekolah khusus untuk anak berbakat telah didirikan oleh Korea Selatan sejak tahun 1991 dengan nama Busan High School, yang kemudian dikembangkan dan berganti namanya menjadi Korea Science Academy di bawah koordinasi KAIST (Korea Advance Institute of Science & Technology) sejak 2005, bahkan pada tahun 2009 telah menerima murid internasional. Hal ini yang memacu Korea dalam Forum APEC dan ASEAN COST Plus Three sejak 2006 untuk mengajak kerjasama negara-negara mitra dalam memperkokoh pengembangan sumberdaya manusia di kawasan APEC dan ASEAN Plus Three, dalam program ASEAN Plus Three Center for Gifted in Science (ACGS).

Forum ke 3 ACGS dilaksanakan di University of Seoul pada tanggal 22-24 Juni 2009, yang dihadiri oleh sepuluh negara ASEAN Plus Three kecuali Singapore dan Jepang. Indonesia diwakili oleh Finarya Legoh selaku Direktur PP-IPTEK. Forum ini diketuai oleh Prof.Dr. Sang Chun Lee sebagai penggagas awalnya dan Direktur ACGS Korea, serta dihadiri pula oleh Dr. Alexander Lim dari ASEAN Secretariat.

Dalam Forum tersebut, tiap negara mempresentasikan program dan kegiatan yang berkaitan dengan gifted in science di masing-masing negara, yang ternyata dinilai oleh Organizing Commitee secara diam-diam (terdiri dari Ministry of Education S&T, Korea Foundation for the Advancement of S&T, Society of International Gifted in Science, Kyungnam University). Pada akhir Forum, peserta diminta pula untuk menilai, dan yang terbaik dalam presentasi dan program-programnya mendapatkan award. Indonesia berhasil mendapatkan Juara I dengan program-program yang dipresentasikan “Gifted Students and Related Programs at Indonesia Science & Technology Center (PP-IPTEK)”, sedangkan Juara II diraih oleh Dr. Filma G. Brawner - Filipina dengan judul “Special Education Programs for the Gifted.”

Ternyata sebagian negara peserta dalam Forum ACGS telah mengikut-sertakan science centre dalam program gifted in science di negaranya masing-masing, seperti : Korea, Filipina, Indonesia dan Thailand. Forum ini telah memberi inspirasi bagi negara peserta lainnya untuk memanfaatkan science center dan menjadikannya “communication hub” bagi pembelajaran iptek, baik kepada siswa, pendidik, maupun masyarakat.

Forum ke 3 ACGS telah merumuskan visi ACGS sebagai world class education in gifted in science, serta memfungsikannya sebagai communication hub untuk kerjasama international, pertukaran program dan pengalaman dalam bidang pendidikan dan riset. Selain itu, diputuskan untuk penyelenggaraan program Science Summer Camp dan Teacher Training pada tanggal 3-9 Agustus 2009 di Gyongnam – Korea, yang diikuti oleh masing-masing 3 peserta per negara. Keputusan lainnya adalah : 1) penyelenggaraan Consultating Forum sedikitnya setahun sekali, untuk dapat merumuskan kebijakan atas program-program lainnya; 2) penyelenggaraan ASEAN Plus Three Young Scientist Olympiad; Expo for the Gifted in Science; Museum Visiting Program, pada kurun waktu 2010-2012.

Indonesia telah mengusulkan kepada Forum agar program Science Summer Camp dapat dijadikan program rutin tahunan, sehingga pengiriman siswa dan pendidik / mentor dapat dikompetisikan secara nasional di masing-masing negara. Selain itu, pentingnya pembelajaran dan komunikasi social budaya bagi siswa gifted, untuk menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan siswa gifted. Usulan ini disetujui oleh Forum.

Pada akhir pertemuan, peserta Forum ACGS berkesempatan untuk meninjau Scientorium - Gwacheon National Science Museum. Scientorium merupakan national science center yang relative masih baru, dengan wahana yang terdiri atas a.l.: ilmu dasar, iptek terapan, Korean traditional science beserta ilmuwan mereka, natural history, planetarium, dan diakomodasikan oleh teknologi canggih dalam bangunan yang megah. Sayangnya, sebagian besar informasi yang disampaikan masih dalam bahasa Korea.(PP-IPTEK)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)