Breaking News

Pelatihan & Diskusi TQM Untuk Meningkatkan Kinerja dan Layanan Tahun 2010

Setiap perusahaan/institusi pada umumnya akan selalu berorientasi pada pencapaian kualitas terbaiknya, tidak terkecuali dengan Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK). Untuk mewujudkan hal tersebut PP-IPTEK menerapkan Total Quality Management (TQM) yang sudah berjalan selama hampir dua tahun. Tujuan utama TQM sendiri adalah untuk mereorientasi sistem manajemen, perilaku staf, fokus organisasi dan proses-proses pengadaan pelayanan sehingga lembaga penyedia pelayanan bisa berproduksi lebih baik, pelayanan yang lebih efektif yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan keperluan pelanggan.


TQM di PP-IPTEK mulai dirintis sejak awal 2008, ditahun itu pula PP-IPTEK telah berhasil melaksanakan prakonvensi dan Konvensi tim QCC (Quality Control Circle) atau dikenal juga dengan nama GKM (Gugus Kendali Mutu) untuk yang pertama kali. Mengakhiri tahun 2009, PP-IPTEK berencana akan melaksanakan prakonvensi dan Konvensi tim QCC yang ke-II. Sebanyak 8 tim QCC sudah mendaftar untuk mengikuti prakonvensi dan Konvensi 2009. Berkaitan dengan hal tersebut, pekan lalu PP-IPTEK menyelenggarakan pelatihan dan diskusi TQM dengan mengundang Mr. E. Asaka, Expert TQM dari Jepang. KedatanganNya kali ini merupakan yang ketiga kalinya di PP-IPTEK.

Dalam sambutan pada pembukaan “Pelatihan & Diskusi TQM”, Direktur PP-IPTEK, Finarya Legoh menegaskan kembali bahwa Total Quality Management (TQM) sudah merupakan bagian dari kehidupan PP-IPTEK, walau dalam perkembangannya di tahun 2009 tidak terlalu maju, sehubungan kesibukan-kesibukan yang ada, tetapi tetap berlangsung dan tetap komit. Pada kesempatan tersebut disampaikan juga bahwa para pimpinan PP-IPTEK telah diikutkan dalam Training TQM/QCC; Kegiatan TQM/QCC telah memberikan pengaruh terhadap Skill, Knowledge, Developing Creativity serta Sense of belonging on and on, dan pada akhirnya mempengaruhi produk yang memenuhi standar untuk kualitas. Konvensi QCC ke-II PP-IPTEK rencananya akan dilaksanakan pada 25 Februari 2010.

Manfaat utama penerapan TQM pada sektor publik termasuk PP-IPTEK adalah untuk perbaikan pelayanan, pengurangan biaya dan kepuasan pelanggan. Perbaikan progresif dalam sistem manajemen dan kualitas pelayanan menghasilkan peningkatan kepuasan pelanggan. Manfaat lain yang bisa dilihat adalah peningkatan keahlian, semangat dan rasa percaya diri di kalangan staf pelayanan publik, perbaikan hubungan antara pemerintah dan masyarakatnya, peningkatan akuntabilitas dan transparansi pemerintah serta peningkatan produktivitas dan efisiensi pelayanan publik.

Untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, PP-IPTEK akan terus berbenah dan selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas bentuk layanannya kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan penerapan TQM. Dengan TQM diharapkan kinerja dan layanan PP-IPTEK tahun 2010 dan tahun-tahun yang akan datang akan terus meningkat.[pp-iptek]

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Asosiasi Science Center Indonesia (1) Banggai (1) Bappelitbangda (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (2) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Demo Science (1) Discovery Camp (1) Doodle Art (1) Event (59) Fenomena Sains (2) Galeri (1) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (2) Industri Strategis (1) Info (1) Inovasi (1) Instansi (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) ISD 2019 (1) IT (1) Jabodetabek (1) Jakarta Barat (1) Jakarta Pusat (1) Jakarta Selatan (1) Jakarta Timur (1) JSO (1) Junior Science Odyssey (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (6) Kerjasama Nasional (27) Kompetisi (12) Kompetisi Internasional (3) Kompetisi Roket Air (18) Kompetisi Roket Air Internasional (2) Kompetisi Roket Air Nasional (2) Kompetisi Roket Air Regional (4) Kompetisi Sains (3) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAN (1) KRAR (3) Kunjungan (3) Kupang (1) Lembaga Iptek (1) Liburan (1) Liburan Sekolah (1) Lomba Sains (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Mini Workshop (6) Musik & Tari Festival (1) Nasional (4) NDHI (1) Nusa Tenggara Timur (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (19) Pameran Hasil Karya (1) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Pelatihan dan Pembekalan (1) Peluncuran Roket Air (5) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Interaktif (8) Peragaan Iptek Keliling (8) Peresmian (8) Peresmian Science Center Daerah (4) Peresmian Wahana (5) Perguruan Tinggi (3) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Program Sains Reguler (2) Promo (3) Puspa Iptek (5) RAKORNAS ASCI (1) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (5) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (18) Science Corner (9) Science for All (27) Science Interactive (1) Science Show (9) Sekolah (1) Self Balancing Wheel (3) SFA DKI Jakarta (4) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Talkshow Interaktif (1) Teknologi (3) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (2) Wahana Digital World (1) Wahana Inovasi Indonesia (4) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Roket Air (1) Workshop Sains (4)