Breaking News

Tingkatkan Kualitas Belajaran Dengan Metode Pembelajaran Interaktif

Kamis, 18 April 2013 Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK)selenggarakan Seminar Pendidikan Sains bagi Guru SMP se Bandar Lampung. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 200 ini dilaksanakan di ruang aula SMPN 16 Bandar lampung.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Bandar Lampung, Tatang Setiadi tepat pukul 09.00 WIB. Dalam kegiatan ini PP-IPTEK sebagai Science Center terbesar di Indonesia yang juga berada di bawah Kementerian Ristek menghadirkan 2 orang narasumber sebagai pembicara.

Sukro Muhab yang merupakan Direktur PP-IPTEK sekaligus narasumber pertama menyampaikan bahwa pendidikan saat ini semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Untuk itu berbagai metode dalam mendukung proses pendidikanpun harus terus dikembangkan. Sistem pembelajaran konvensional satu arah harus sudah diubah, dimana seorang pendidik harus dapat memberikan pembelajaran secara interaktif, sehingga anak didik akan menjadi kreatif dalam memecahkan suatu masalah dalam proses belajar mereka.

Pada sesi kedua, Hendra Suryanto sebagai narasumber menyampaikan tentang pentingnya menggunakan dan memanfaatkan berbagai percobaan dalam belajar. Karena menurut Beliau siswa harus diberikan sebuah gambaran yang konkret atas berbagai teori yang ada, bukan hanya gambaran abstrak yang hanya akan membuat siswa bingung hingga tidak dapat menyerap pelajaran yang diberikan.

Dalam kegiatan ini, selain menyuguhkan materi mengenai proses pembelajaran, peserta juga disuguhi dengan berbagai demonstrasi sains spekatuler yang menunjukkan berbagai fenomena sains dengan menggunakan alat dan bahan sederhana.

Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa pemanfaatan sarana belajar diluar sekolah seperti Science Center juga diperlukan untuk dapat membuka dan memperkaya wawasan siswa terhadap perkembangan iptek.

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan ilmu dan pengalaman baru yang mereka dapat di sekolah masing-masing.

Satu hari sebelumnya, PP-IPTEK juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Bandar Lampung telah menyelenggarakan Kometisi Roket Air Regional untuk wilayah Lampung. Kompetisi yang berlangsung tanggal 16-17 April 2013 ini diikuti oleh 100 orang pelajar SMP se Lampung.

Dalam kompetisi didapat 10 peserta terbaik yang roket airnya mampu mencapai sasaran yang ditentukan untuk ikutserta dalam Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) yang akan dilaksanakan di Serang beberapa bulan ke depan.(ppiptek)

Tidak ada komentar

Index Labels

Alat Peraga Baru (4) Annoucement (3) APRSAF (2) ASCI (1) Berbagi Cerita Sains (2) Bulan Ramadhan (1) BUMN (1) Buy 1 Get 2 Ticket (1) Customer Gathering (1) Event (59) Fenomena Sains (2) GBT31Januari 2018 (1) Gerhana Bulan (3) Gerhana Matahari (2) Hakteknas (7) Hibah (2) Hidroponik (1) HUT (4) HUT PP-IPTEK 27 (2) Indonesia Science Day (1) Industri Strategis (1) Info (1) Instansi Pemerintah (1) ISD 2018 (4) IT (1) Junior Scientist Area (1) Kalimantan Timur (1) Kegiatan Internasional (7) Kerjasama Internasional (3) Kerjasama Nasional (19) Kompetisi (11) Kompetisi Roket Air (13) Kompetisi Roket Air Regional (2) Komuniras (1) Kongres ASCI (1) KRAR (2) Kunjungan (3) Lembaga Iptek (1) LPNK (1) Manajemen (1) Menristekdikti (2) Militer (1) Nasional (4) NDHI (1) Outreach (1) Pameran (1) Pameran Alat Peraga (18) Pameran Hasil Riset (1) Pameran Inovasi (1) Penandatanganan Nota Kesepahaman (1) Pendaftaran (3) Peneropongan (5) Peragaan Iptek Keliling (6) Peresmian (8) Peresmian Wahana (4) Perguruan Tinggi (2) Pertahanan & Keamanan (1) Pertunjukan Sains (1) Perusahaan Swasta (1) PIK (2) Poster (6) PP-IPTEK (2) PP-IPTEK ke 27 (1) Press Release (1) Program (2) Promo (2) Puspa Iptek (3) Ritech Expo (1) Robot (2) Roket Air (1) Sains (2) Science Camp (2) Science Center Daerah (12) Science Corner (2) Science for All (20) Science Interactive (1) Self Balancing Wheel (1) SFF (1) soft launching (2) Sosialisasi (2) Spektakuler (1) SSF (1) STEAM (2) Stereo Visual (1) Talkshow (1) Teknologi (2) Teknologi Sains (1) Wahana Baru (1) Wahana Inovasi Indonesia (3) Workshop (12) Workshop Guru (3) Workshop Sains (1)